Mohon tunggu...
Nina BSA
Nina BSA Mohon Tunggu... Akuntan - Equal Means Equal

ali_nadirah@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Pengalaman Berharga bersama Para "Pengukir Sejarah" Asian Games 2018

8 September 2018   01:04 Diperbarui: 8 September 2018   12:45 860
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diawali pada Invitation Tournament Asian Games, saya ditempatkan di department akreditasi, tapi di Games Time kali ini saya mendaftar dan diterima di departemen Media and Public Relation bersama ratusan teman lainnya yang bertugas di masing-masing cabor atau media press center (MPC).

Dokumentasi pribadi | Job spesific training di Hotel Grand Mercure Jakarta Harmoni
Dokumentasi pribadi | Job spesific training di Hotel Grand Mercure Jakarta Harmoni
Job spesific training di Hotel Grand Mercure Jakarta Harmoni

Saya merasa sangat beruntung bisa masuk di dalamnya terlebih saya ditempat tugaskan di Istora Senayan, cabor bulutangkis dari tanggal 19 -28 Agustus 2018. Saya dan delapan belas teman saya lainnya memiliki job desk berbeda-beda, Marleve sebagai koordinator.

Ada Alvin dan Encik di F&B (food and beverage) tugasnya menyediakan makanan dan minuman wartawan. Ada Yasmin, Dinda, kak Luvi, dan Indah di Help desk. Marshall photo ada Andrie, kak Tiar, Dika, dan bang Aji yang mengawasi posisi fotografer di media tribune dan lapangan.

Marshall reporter ada Abdul dan mas Anta yang tugasnya mengawal fotografer yang ingin masuk field of play dan memerhatikan tiket fotografer. Alfi di press conference. Juga di Mixed zone ada Sasa, Kiky, Amien, Shofi, dan saya. Kami dibawahi oleh mbak Yuni Kartika sebagai Pic humas, kak Deri sebagai photo manager, dan kak Stephen.

Sebenarnya tugas kami tidak selalu seperti apa yang ditugaskan. Saya tadinya di F&B pindah ke mixed zone, Alfi di press conference sering juga help desk, marshall photo, dan mix zoned. Kami saling mengcover satu sama lain.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Briefing hari pertamadi Istora, Senayan, 9 Agustus 2018
Briefing hari pertamadi Istora, Senayan, 9 Agustus 2018
Briefing hari pertamadi Istora, Senayan, 9 Agustus 2018

Kegiatan kami setaip hari di mulai dari VPC. Hampir setiap pagi saya dan teman-teman di VPC mengganjal perut dengan makan pop mie.

Di sana teman-teman help desk ada yang memfotokopi jadwal pertandingan, hasil pertandingan, membantu membagikan bibs dan tiket pada wartawan dan lain sebagainya. Mereka, anak-anak help desk yang sangat tangguh.

Menerima keluhan wartawan, dimaki-maki wartawan, tapi mereka juga yang sering jadi model foto wartawan, dikasih pin NOC, dikasih makanan dan lain sebagainya oleh wartawan. Ini terbalik 361o dengan teman-teman yang bertugas di mixed zone. Karena saya bertugas di sana, saya ingin berbagi pengalaman saya ketika betugas di mixed zone.

Kami seakan jadi 'musuh' wartawan. Ada aturan yang tidak memperbolehkan wartawan untuk memfoto dan merekam video, hanya boleh merekam suara atlet untuk diwawancara. Kalau sudah terlanjur ada yang memfoto atau merekam video, tugas kami untuk mengingatkan dan memeriksa galeri foto mereka untuk segera dihapus.

Namun kadang wartawan ada yang tidak mau menghapusnya dan akhirnya kami malah kejar-kejaran, menelepon kak Deri sebagai jalan terakhir atau hanya sekadar kami foto ID Card mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun