Mohon tunggu...
Muhammad IqbalNurwanto
Muhammad IqbalNurwanto Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

SMAN 28 JKT

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Fobia Laba-laba

28 November 2020   23:02 Diperbarui: 28 November 2020   23:03 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Aku punya teman yang takut dengan laba-laba. Ini adalah hal normal menurutku, karena memang banyak orang yang takut dengan laba-laba. Aku sendiri juga tidak suka dengan laba-laba. Aku tidak peduli jika aku melihat laba-laba, selama ukurannya tidak terlalu besar. Namun, kalau laba-labanya besar dan ada bulu di kakinya seperti tarantula barulah aku takut.

Sekali lagi, ini hal yang normal menurutku. Tapi temanku takut laba-laba dengan cara yang tidak normal, dia sangatlah takut dengan laba-laba. Ketika melihat laba-laba, dia bukan cuma kabur atau minta tolong orang lain untuk menyingkirkannya. Dia berteriak sangat keras sehingga tetangganya mengkhawatirkannya dan berpikir untuk menelepon polisi. Saat dia melihat laba-laba, seluruh tubuhnya menggigil dan terkadang dia membeku sepenuhnya sampai-sampai dia tidak bisa bergerak sama sekali karena dia sangat ketakutan. Terkadang dia bahkan pingsan.

Tetapi temanku ini mengejutkanku ketika kami bertemu untuk jalan-jalan minggu lalu.
"Tebak apa?" dia bertanya kepadaku.
"Apa?" Aku jawab.
"Aku punya hewan peliharaan baru!"
"Bagus," kataku. "Apa itu? Anjing? Atau kucing?"
"Bukan."
"Burung?"
"Bukan."
"Kelinci?"
"Bukan juga."
"Terus apa?"
"Aku memelihara laba-laba."
"Aku gak percaya"

"Itu benar! Aku memutuskan bahwa sudah saatnya aku melakukan sesuatu tentang fobia ini, jadi aku pergi ke dokter, dokter spesialis. Seorang psikiater. Psikiater ini mengkhususkan diri pada fobia, membantu orang yang memiliki ketakutan irasional untuk menjadi lebih baik dan hidup normal.
Dia mengatakan kepadaku bahwa aku menderita "arachnofobia".
"Ini ketakutan irasional terhadap laba-laba," katanya. Sekitar satu dari lima puluh orang menderita bentuk arachnofobia yang parah. Itu tidak biasa. "

"Terima kasih," kata temanku. "Tapi itu tidak banyak membantu saya ..."

"Ada banyak cara yang bisa kami coba untuk menyembuhkan fobia Anda," kata psikiater itu.
"Pertama, ada analisis tradisional."

"Apa artinya?" tanya temanku.

"Kami mencoba mencari tahu dengan tepat mengapa Anda sangat takut pada laba-laba. Mungkin itu terkait dengan sesuatu yang terjadi pada Anda ketika Anda masih kecil. "


"Ya ampun," kata temanku. "Kedengarannya cukup mengkhawatirkan." 

"Ini bisa memakan waktu lama," kata psikiater itu. "Bertahun-tahun, kadang-kadang, dan Anda tidak pernah bisa yakin bahwa itu akan berhasil."

"Apakah ada metode lain?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun