Mohon tunggu...
Iqbal Givari
Iqbal Givari Mohon Tunggu... Just an ordinary person

Just an ordinary person

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pahami Dirimu, Kenali Batasmu

12 Juni 2021   20:00 Diperbarui: 12 Juni 2021   20:34 23 1 0 Mohon Tunggu...

Terkadang seseorang selalu tidak mengenali diri sendirinya dengan baik. Hal inilah yang membuat mereka selalu memaksakan kehendak yang bahkan bagi diri mereka sendiri itu tak mampu dilakukan. Selalu melakukan suatu hal yang berada diluar batasannya. Terkadang menghasilkan suatu hal yang baik, tapi terkadang menghasilkan suatu hal yang sangat buruk bagi dirinya sendiri.

Pahamilah dirimu sebelum kau melakukan sesuatu yang belum pernah kau lakukan sebelumnya. Mengenali diri sendiri sebelum melangkah ke suatu tujuan, lebih baik daripada melangkah tanpa membawa rencana sedikitpun.

Pepatah "cintailah diri sendiri sebelum mencintai orang lain", bukanlah suatu hal yang belaka. Dari ini, tersirat suatu pesan dimana kita harus mengenali dan memahami diri kita sendiri, sebelum akhirnya mengenali dan memahami orang lain.

Terkadang banyak orang yang berbohong kepada dirinya sendiri, memaksakan dirinya agar dapat berinteraksi dengan sosial. Namun, hal ini sedikit salah. Seharusnya kita bisa lebih jujur pada diri kita sendiri dari pada harus berbohong siapa diri kita yang sebenarnya. Kita tak bisa selamanya menggunakan dua wajah sekaligus dalam kehidupan.

Meski memang terkadang, masyarakat tidak bisa menerima kita ketika kita menjadi diri kita sendiri. Tidak berbohong pada siapa diri kita yang sebenarnya. Yang perlu kita lakukan, hanyalah menyesuaikan bagaimana kita berperilaku pada masyarakat, tanpa membohongi diri kita sendiri. Meski terkadang memang tak bisa menerima, tapi secara perlahan mereka akan menerima siapa dirimu yang sebenarnya. Dan terkadang, ketika mereka tau siapa kau, mereka hanya acuh dan tak menghiraukannya.

Berbohong pada dirimu sendiri, akan berdampak berat kepada kesehatan mentalmu. Meski memang kau bisa bertahan, tapi mentalmu akan selalu berteriak. Jujur pada dirimu sendiri jauh lebih baik dan akan membuatmu lebih bebas dari pada berbohong siapa dirimu.

Dengan jujur, kau dapat memahami dirimu lebih baik. Dan dengan ini pula, kau tau sampai mana batasanmu. Disaat kau memahami dirimu dengan baik dan benar, maka kau akan tau kapan kau harus melewati batas dirimu, dan kapan kau harus mengikuti batasanmu.

Ini akan jauh membuat dirimu lebih sehat dan bebas, dibandingkan kau yang terus-terusan berbohong tentang siapa dirimu yang sebenarnya.

VIDEO PILIHAN