Mohon tunggu...
Muhammad Iqbal Effendi
Muhammad Iqbal Effendi Mohon Tunggu... MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA - 20107030137

HAI

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Proses Pembelajaran Saat Covid-19 di Indonesia

18 April 2021   02:45 Diperbarui: 21 April 2021   04:28 53 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Proses Pembelajaran Saat Covid-19 di Indonesia
disemua.com

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru ditemukan. Virus tersebut bukan hanya menyerang orang dewasa,namun semua umur pun juga bisa tertular virus corona ini. Disisi lain semakin banyak nya pertambahan virus covid-19 di Indonesia,proses pembelajaran pun harus dilakukan dengan online/daring. Covid-19 tidak hanya sektor pendidikan yang terdampak,tetapi juga sektor ekonomi,sosial dan yang lainnya.

Adanya virus covid-19 ini,mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi harus melakukan pembelajaran dengan sistem online dan sering terjadi banyak masalah pada murid maupun mahasiswa terutama adalah gangguan sinyal atau internet yang terjadi di daerah masing-masing. Hal ini disebabkan karena belum meratanya koneksi internet yang bagus di Indonesia,ini merupakan tugas pemerintah untuk memperbaiki sistem jaringan di daerah terpencil. Saat pandemi covid-19 ini sangat dibutuhkan karena semua dilakukan secara online,dan pemerintah juga harus membenahi sistem pembelajaran online sebab banyak siswa yang merasa bosan dengan sitem pembelajaran online dari rumah.

Maka dari itu pemerintah agar menciptakan inovasi pembelajaran yang bisa dibilang "enak". Kendala pembelajaran online pun siswa juga mengeluhkan tentang kuota internet yang cukup mahal dan penggunaan yang relatif boros. Dan juga sarana prasarana yang kurang memadai jika melakukan pembelajaran dengan cara online, oleh karena itu pemerintah dapat membenahi masalah atau kendala yang terjadi ketika pembelajaran online.

Perlu disadari bahwa ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi masalah. Perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring amat mendadak, tanpa persiapan yang matang. Tetapi semua ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan siswa aktif mengikuti walaupun dalam kondisi pandemi covid-19.

Kegagapan pembelajaran daring memang nampak terlihat dihadapan kita, komponen-komponen yang sangat penting dari proses pembelajaran online perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Pertama dan terpenting adalah jaringan internet yang stabil,kemudian gawai atau komputer yang memadai,aplikasi dengan platform yang user friendly,dan intergratif kepada stekholder pendidikan.

Solusi atas permasalahan ini adalah pemerintah harus memberikan kebijakan dengan membuka gratis layanan aplikasi-aplikasi untuk membantu proses pembelajaran online ini. Pemerintah juga harus mempersiapkan kurikulum dan silabus pembelajaran berbasis daring, perlu untuk melakukan bimbingan teknik online untuk proses pelaksanaan daring dan melakukan sosialisai tentang tata cara pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam proses pembelajaran daring, penting untuk ditambahkan pesan-pesan edukatif kepada peserta didik tetang kaitannya dengan covid-19. Dengan demikian kita dapati pembelajaran yang sama dengan tatap muka tetapi berbasis online. Efeknya sangat bagus,programnya tepat sasaran,dan capaian pembelajarannya tercapai.

Semoga pandemi covid-19 ini cepat berlalu seiring dengan kegiatan new normal yang telah diberlakukan oleh pemerintah. Sehingga  proses pembelajaran bisa terlaksana seperti semula dengan kehadiran guru dan siswa yang berinteraksi langsung. Aamiin Ya Rabbal'alamin.

VIDEO PILIHAN