Hijau

Akankah Bumi Tenggelam?

8 Februari 2018   23:54 Diperbarui: 8 Februari 2018   23:59 411 2 2
Akankah Bumi Tenggelam?
Sumber: 12rf.com

Seiring berkembangnya zaman, semakin berkembang juga teknologi yang diciptakan oleh manusia. Namun, dari teknologi teknologi tersebut, tidak sedikit yang menimbulkan dampak negative bagi kelangsungan hidup manusia. Salah satu dampak paling besar yang kita rasakan saat ini seiring dengan kemajuan teknologi adalah pemanaasan global. Lalu apasih yang dimaksud dengan pemansan global itu?.

Menurut NASA (National Aeronautics and Space Administration), pemansan global adalah  naiknya panas suhu rata - rata permukaan bumi akibat meningkatnya kadar gas rumah kaca. Sedangkan menurut New Mexico Solar Energy Association, Pemanasan global adalah peningkatan suhu permukaan rata-rata bumi karena efek gas rumah kaca, misalnya emisi CO2 (karbon dioksida) yang sumbernya berasal dari kegiatan atau aktivitas penggunaan bahan bakar yang tidak terbarukan (bahan bakar fosil) atau dari deforestasi, yang memerangkap panas yang seharusnya lepas dari Bumi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pemanasan global adalah peristiwa naiknya suhu di permukaan bumi. Pemanasan global ini disebabkan oleh gas rumah kaca. Menurut New Mexico Solar Energy Association, Pemanasan global diawali dari cahaya matahari yang menyinari bumi, panas yang dihasilkan cahaya matahari akan diserap oleh bumi tetapi hanya sebagian saja sedangkan yang tidak di serap akan di kembalikan lagi ke luang angkasa (atmosfer). Tetapi karena di atmosfer kita sangat banyak gas penyebab efek rumah kaca seperti gas sulfur dioksida (SO2), gas karbon dioksida (CO2), dan metana (CH4), uap air dan masih banyak lagi, menyebabkan panas matahari tidak dapat keluar dari permukaan bumi dan terperangkap sehingga panas matahari akan memantul ke bumi lagi. Hal itu terjadi secara terus -- menerus setiap hari. Semakin banyak panas matahari yang masuk ke bumi maka semakin banyak gas yang tidak dapat dikembalikan ke atmosfer menyebabkan bumi semakin panas.

Efek rumah kaca. Sumber: google.com
Efek rumah kaca. Sumber: google.com

Gas rumah kaca tersebut dapat di timbulkan dari berbagai macam aktivitas manusia antara lain, meningkatnya karbon monoksida dari kendaraan bermotor. Semakin banyaknya penduduk di bumi ini maka semakin banyak pula yang menggunakan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi yang digunakan sehari hari. Efek yang ditimbulkan adalah gas yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor yaitu gas karbon monoksida. 

Gas pembuangan dari industry industry juga berpengaruh terhadap terjadinya pemanasan global karena dapat menyebabkan pencemaran udara yang disebabkan oleh hasil asap pabrik yang berlebihan. Selanjutnya, penggunaan alat alat elektronik rumah tangga turut mendukung terjadinya pemanasan global karena terlalu banyaknya menggunakan alat elektronik rumah tangga yang berlebihan (contohnya AC dan Kulkas)  dapat meningkatkan emisi gas rumah kaca yaitu menghasilkan CFC (Cloro Fluoro Carbon).  

Banyaknya pnebangan hutan liar yang dilakukan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab menyebabkan semakin menurunnya luas hutan di muka bumi ini, karena hutan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia sebagi paru-paru dunia yang memiliki fungsi menyerap karbon dioksida. Jika hutan semakin berkurang maka jumlah karbon dioksida yang berkumpul di atmosfer akan semkasin banyak dan mengakibatkan terjadinya pemnasan global. Selain itu penebangan hutan liar juga dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longosor.

Banyak dampak yang ditumbulkan akibat dari pemansan global ini, Dampak yang di timbulkan dari pemanasan global yaitu mencairnya es di kutub yang mengakibatkan naiknya permukaan laut, hal ini sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup manusia dimasa yang akan datang, karena jika terus dibiarkan seperti ini akan dapat menenggelamkan pulau pulau yang ada di bumi dan peradaban manusia tidak akan bisa berlanjut (mengalami kepunahan).  

Selanjutnya pemansan global juga dapat mengakibatkan iklim yang ada di bumi ini menjadi tidak stabil lagi. Dalam bidang politik, ekonomi, social dan budaya akan banyak kerugian yang ditimbulkan bagi negara-negara diseluruh belahan dunia. Pemansan global dapat menimulkan masalah yang sangat serius yaitu menipisnya lapisan ozon yang menyelimuti bumi, karena lapisan ozon sangat penting untuk melindungi bumi dari berbagi macam ancaman dari luar angkasa seperti menyaring sinar ultraviolet.

Sumber: tinypic.com
Sumber: tinypic.com

Dari dampak yang ditimbulkan pemanasan global, kita seharusnya sadar terhadap segala macam dampak diatas adalah ulah dari manusi sendiri. Banyak cara menaggulangi pemanasan global supaya tidak menjadi lebih parah antara lain mengurangi emisi karbon dengan cara menghemat penggunaan alat alat elektronik dirumah, mengurangi penggunaan kendaran pribadi (lebih baik menggunakan kendaraan umum atau menggunakan sepeda dan berjalan kaki), melakukan penghijauan(reboisasi), serta menggunakan energi yang ramah lingkungan.

Dengan tindakan tindakan sederhana di atas, kita dapat memperbaiki bumi kita  dari pemanasan golobal supaya bisa kembali seperti dulu lagi. Efek nya mungkin tidak bisa langsung kita rasakan sekarang, namun seiring dengan berjalan nya waktu akan berpengaruh kepada anak dan cucu kita kelak.