Mohon tunggu...
Muhamad Iqbal
Muhamad Iqbal Mohon Tunggu... Mahasiswa Komunikasi

Bukan buzzer

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Panduan Mengikuti Ronda bagi Pemuda Introvert

14 April 2021   09:05 Diperbarui: 14 April 2021   09:27 200 6 0 Mohon Tunggu...

Bagi pemuda introvert yang menghabiskan kebanyakan waktunya di kamar dengan scrolling instagram dan bermain game online tentu akan menjadi sebuah ketakutan tersendiri apabila dirinya mendapati namanya tercantum di jadwal kegiatan ronda desa. Sebuah kegiatan yang mengharuskan seseorang untuk berkumpul dan melakukan kegiatan sosial dengan manusia lainnya dalam waktu satu malam. Wajar karena biasanya introvert menjauhi hal-hal yang berbau seperti itu dan lebih suka menyendiri serta melakukan kegiatan yang menurutnya menyenangkan. 

Tapi apadaya jikalau dirinya sudah mendapati perintah untuk mengikuti kegiatan ronda, maka hanya ada dua pilihan yang tersedia, keluar dari zona nyaman dan ikut berkumpul dengan masyarakat lainnya atau memilih setia berdiam diri di rumah dengan resiko menjadi public enemy. Tapi tenang, berikut ada beberapa hal yang bisa dipersiapakan bagi kaum introvert yang akan mengikuti kegiatan ronda di desanya.

Yang pertama adalah pelajari cara bermain permainan kartu, seperti poker, 41, ataupun minuman. Seringkali di pojok-pojok pos ronda atau di bawah tikar tersimpan satu bungkus kartu remi. Biasanya sembari menunggu  waktu untuk muter keliling desa atau sekedar menghilangkan kebosanan, para peronda akan bermain permainan kartu barang satu sesi, dua sesi atau ber sesi-sesi. Tapi jangan sekali-kali main kartu pake uang  sebagai taruhan lho ya !!! yang ada kalian malah di grebek sama pak polisi. Intinya cari tahu cara bermainnya agar paling tidak kalian tidak pahpoh saat di pos ronda.

Kalau kalian masih bingung dengan cara bermain kartu, kalian bisa memelajari cara bermain catur. Tidak menutup kemungkinan, selain kartu remi di pos ronda juga biasanya tersedia papan catur lengkap dengan bidaknya yang kadang kala sudah cuil. Kalian bisa searching-searhing di youtube tips dan trik bermain catur atau tutorial skakmat dalam lima langkah agar setidaknya walaupun kalian introvert tapi tetep dapet respect karena jago main catur. Yang paling penting jangan underestimate dulu sama warga desa yang bermain catur, meskipun saban hari kerjaannya di sawah atau dagang di pasar tapi kalau sudah didepan papan catur otaknya bisa berubah jadi Stephen hawking.

Jika kalian sudah bisa bermain catur atau minimal paham kalau kuda jalanya itu nge L, maka kalian juga perlu menambah pengetahuan tentang kabar di desa kalian. Kenapa kabar seputar desa itu penting ? karena ketika kalian sudah dalam posisi bermain catur, tentu kalian tidak akan diam saja dong selama permainan berlangsung, pasti ada obrolan-orbolan ringan disana. Nah disitulah letak pentingnya. Sebelum tiba hari H kalian ikut ronda, coba tanyakan sama bapak ibu kalian dulu, ada ngga berita-berita tetangga yang akan nikahan ? atau sunatan ? atau yang akan lahiran ? semakin terbaru dan hot beritanya semakin kalian di kerubungi di pos ronda .Karena informasi tersebut bisa membuat obrolan anda mengalir dengan peronda lainnya. Jadi, kadangkala gossip memang dibutuhkan. Yaaa sedikit-sedikit lah.

Lalu yang terakhir adalah biasakan telinga kalian dengan jokes bapak- bapak . Buat kalian introvert yang prefer sama dark jokes atau tema tema politik Indonesia, buat kali ini downgrade dulu yaa. Berikut salah satu  jokes yang berhasil saya ingat hingga kini seperti, " Lek Ngatno kalau tidur duluan nanti tak tinggal lhoooo, biar nanti pas ngambil beras jimpitan sendiri aja hehehehehehe ". 

Mungkin kalian mengira itu tidak lucu sama sekali, begitu pula dengan saya, tapi ketika peronda lain ikut tertawa maka mau tidak mau kalian juga harus ketawa. Tertawalah sebagai formalitas hidup bermasyarakat. Jadi jangan harap akan ada joke dengan premis atau set up yang keren disusul dengan punch line yang membuat semua orang tercengang. Di pos ronda komedi bisa sesederhana anda tidak kebagian kopi lalu ditertawakan tiada henti.

Nah berikut tadi adalah beberapa hal yang mungkin kaum introvert bisa lakukan untuk mengurangi kecemasannya ketika akan mengikuti kegiatan ronda. Jangan sampai kebiasaan menyendiri kalian membuat kalian lupa bersosialisasi dengan masyarakat, karena di pos ronda cerita dan percakapan selalu berhasil menghangatkan suasana.

VIDEO PILIHAN