Mohon tunggu...
Nurafifah Nur
Nurafifah Nur Mohon Tunggu...

Bergelut di dunia maya untuk mencapai impian

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pusat Perbelanjaan di Kawasan Milik Amin Supriyadi

31 Desember 2017   22:20 Diperbarui: 31 Desember 2017   22:31 0 0 0 Mohon Tunggu...

Bagaimana Giant Supermaket di Kawasan Milik Amin Supriyadi, Awal November 2017 lalu  publik dikejutkan dengan berita penutupan lima gerai supermarket Giant di Malaysia. Yang lebih geger dengan berita tersebut adalah publik negeri jiran Malaysia karena supermarket tersebut berkantor pusat di Kualalumpur.

5  Giant Malaysia yang akan ditutup yakni di Sri Manjung, Sungai Petani, Shah Alam City Centre Mall, Sibu, dan Selayang Lama pada 5 November mendatang.

GCH Retail Malaysia selaku pemilik Giant Malaysia mengatakan, dalam pernyataan resminya, mengatakan, keputusan menutup toko tak terhindarkan sebagai upaya menata kembali bisnis mereka.

Penutupan tersebut tentu saja langsung berimbas pada karyawan. Kasus di Malaysia, karyawan baru mengetahui rencana penutupan hanya seminggu menjelang hari-H sebagaimana dituturkan seorang karyawan di gerai Shah Alam City Centre Mall.

Karyawan yang tidak mau disebutkan namanya itu menuturkan, masa depan tampaknya tak seindah harapan bagi seluruh staf yang terdampak.

"Kami diberi dua pilihan, apakah akan menerima kompensasi atau pindah ke cabang lain yang masih beroperasi. Akan tetapi, itu tergantung apakah di sana masih ada kekosongan," ujar karyawan tersebut seperti diwartakan Free Malaysia Today, Rabu (1/11/2017).

Kemudian, ia mengatakan, semua karyawan masih harus bekerja sampai persediaan barang betul-betul habis. Ia pun belum punya rencana akan bekerja apa setelah tempat kerjanya resmi tutup.

Sementara itu, pekerja paruh waktu bernama Mariam mengklaim dirinya juga baru mendapat informasi penutupan seminggu sebelum hari H.

Menurut dia, pilihan apakah akan menerima kompensasi atau transfer ke cabang lain hanya ditawarkan kepada karyawan tetap.

Mariam, yang telah bekerja selama tujuh bulan di Giant Shah Alam City Centre Mall, mengaku sedih dan belum tahu akan melakukan apa setelah gerai Giant resmi tutup.

Dia juga menambahkan, sebagian besar pelanggan di gerai Giant Shah Alam City Centre Mall merupakan pekerja kantoran dari daerah sekitar dan tak berhasil menggaet pelanggan lebih banyak di luar segmentasi tersebut. Toko pun akhirnya terpaksa gulung tikar.