Mohon tunggu...
Syaiful Rahman
Syaiful Rahman Mohon Tunggu... Orang biasa yang suka menulis

Suka berbagi informasi dengan siapapun, senang membaca dan menulis, koleksi tanaman obat untuk budidaya Blog : www.bapeluh.blogspot.com. kontak email. syaif07@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Sudahkah Anda Menanam Bawang Sabrang (Dayak) Bagian Ke Dua

8 Desember 2018   20:04 Diperbarui: 9 Desember 2018   13:22 0 0 0 Mohon Tunggu...
Sudahkah Anda Menanam Bawang Sabrang (Dayak) Bagian Ke Dua
dokpri

Sebelum kita sukses menanam bawang dayak, baca artikel pada edisi terdahulu dengan materi hampir sama link :

SumberKita harus memperhatikan lokasi  penanaman bawang dayak, anda bisa memilih lokasi dengan tingkat pencahayaan baik dan dengan suhu berkisar 22 hingga 25 derajat celcius ( standar ) , dapat tumbuh pada suhu lebih 25  derajat celsius maksimum 30 C.   

Maksud selama pertumbuhan tanaman ini perlu sinar matahari , jangan diletakan tempat naung atau terlindung.

Nah tentu kita sudah sukses  menanam bawang dayak, meletakan tanaman pada posisi dapat penyinaran dari pagi sampai sore. Juga atur jangan sampai tanaman kita itu di ganggu binatang peliharaan seperti ayam, kucing, ternak  lainnya bisa.  Bila anda punya kebun khusus  seperti rak pada gambar berikut ini :

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Pembuatan rak tanaman seperti di gambar ditempat penulis harga sekitar Rp.1.000.000 s/d 2.000.000

Kita pada saat ini tidak membicara cara membuat rak tanaman, tapi budidaya bawang dayak. Setuju

Tanaman Bawang dayak kita tanam perlu perawatan atau bahasa baik pemeliharaan tanaman. Apa saja yang kita lakukan

Minggu Pertama adalah melakukan penyulaman, mengganti bibit yang tidak tumbuh normal,  terkena gangguan hewan ternak, hujan lebat mengakibatkan tanaman busuk. Segera kita lakukan penggantian tanaman baru. jadi sebelumnya kita harus menyiapkan cadangan bibit..

dokpri
dokpri
Selanjutnya kita harus melakukan penyiraman,  itu bila tidak ada hujan.. lakukan penyiraman secara perlahan  dan tentunya rutin agar tanaman kita tumbuh subur. Sambil menyiram kalau ada rumput yang tumbuh disekitar tanaman bawang segara kita cabut..

Bulan Pertama kita tidak usah melakukan pemupukan baik dengan pupuk kimia , pupuk organik. Kita santai saja sebab ketersedian bahan organik masih lengkap dan masih cukup bagi pertumbuhan tanaman.  Tanaman baru mulai bikin anak..... anak.  karena masih anak anak, ya makan juga sedikit.

dokpri
dokpri
Kalau tanaman sudah berumur 1 bulan, baru kita lakukan pemupukan dan perawatan lainnya. Seperti pemberian bahan organik, biasanya media tanam mulai menyusut, kita tambahkan tanah subur disekeliling tanaman secukupnya. boleh kita taburi pupuk NPK dengan komposisi 15:15:15.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x