Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Pekerja kreatif televisi dan Guru Bahasa Inggris

a freelance tv creative

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

7 Kesalahan Minor Bahasa Inggris yang Bikin Puyeng

23 September 2020   14:25 Diperbarui: 23 September 2020   14:29 106 8 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Kesalahan Minor Bahasa Inggris yang Bikin Puyeng
gambar-7-kesalahan-minor-inggris-5f6af26a097f3677d71295b2.jpg

Minor errors atau kesalahan-kesalahan dalam penggunaan kosa kata Bahasa Inggris terkadang bikin pusing para pembaca, terutama yang terjadi dalam literasi Bahasa Inggris yang membuat orang yang paham Bahasa Inggris bisa menakar kemampuan penulisnya. Berikut 10 hal yang menjadi catatan yang mudah-mudahan berguna.

1.There , Their dan They’re

Ketiga kata ini artinya berbeda, namun dalam pengucapan hampir sama. There adalah kata sandang atau article untuk menunjukkan lokasi benda yang disebut seperti There is a book (Ada sebuah buku) atau There are two cars (Ada dua buah mobil)

Their artinya kata ganti (pronoun) kepunyaan untuk orang ketiga jamak (plural) , seperti Their house is immense atau Rumah mereka besar. Their adalah kata ganti yang berfungsi sebagai kata sifat atau adjective, karena diletakkan sebelum kata benda seperti your book (buku anda), atau contoh kata lain big book (buku besar). Posisi your dan big diletakkan sebelum kata benda, book.

Sedangkan They’re adalah singkatan dari They are atau kata ganti dari orang ketiga jamak dalam fungsi sebagai subjek. Mr. And Mrs Smith are famous persons atau They are famous persons (Mereka orang terkenal)

2.You’re dan Your

Dua kata ini masuk juga dalam fungsi kata ganti atau pronoun. You’re adalah singkatan dari You are sementara Your adalah kata ganti kepunyaan untuk orang kedua tunggal atau jamak yang berfungsi sebagai kata sifat seperti their diatas. Jadi salah menuliskan You’re car is red, tapi yang benar Your car is red (mobil anda berwarna merah). Tapi You’re very careful benar bukan Your very careful.

3.Everyday dan Every Day

Dua kata ini juga membingungkan sebenarnya tapi ternyata dari fungsi kita bisa membedakan. Kalau Everyday (disambung dalam satu kata) berfungsi sebagai kata sifat (adjective), seperti dalam kalimat Rice is everyday commodity in Indonesia (Beras adalah komoditas umum di Indonesia), sedangkan Every Day (dipisahkan antara every dan day) berfungsi sebagai kata keterangan (adverb) seperti dalam kalimat “People usually work at the office every day (Orang biasanya bekerja di kantor setiap hari). Jadi jangan kebalik ya.

4.All right atau Alright

Dua kata ini yang seharusnya digunakan adalah All right, seperti dalam kalimat, “Is anything all right?” Tapi apakah menggunakan alright salah? Kata ini ternyata ada di kamus, yang berarti sama, tapi sebaiknya gunakan yang pertama. Everything is all right.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x