Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Pekerja kreatif televisi dan Guru Bahasa Inggris

a freelance tv creative

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

"Adjective Clause" dan Fungsinya (In English)

27 April 2019   23:53 Diperbarui: 28 April 2019   00:12 0 2 3 Mohon Tunggu...
"Adjective Clause" dan Fungsinya (In English)
ilustrasi pribadi

Dalam tulisan sebelumnya pernah diinformasikan bahwa fungsi kata sifat (adjective) dalam Bahasa Inggris adalah menerangkan kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun) sehingga jelas gambarannya atau yang disebut Adjective modifies noun and pronoun

Contoh sebuah kata benda seperti buah apel bila tanpa adjective akan disebut "There is an apple" (Ada sebuah apel), namun bila ada kata sifatnya akan menjadi seperti ini "There is a red apple", dimana kata red adalah kata sifat yang menjelaskan bagaimana rupa apel itu yaitu ada sebuah apel berwarna merah.

Begitu juga dalam adjective clause yaitu klausa atau kalimat yang menjelaskan sebuah kata benda. Jadi bedanya dengan adjective biasa, adjective clause menerangkan kata benda itu lewat sebuah kalimat tidak berdiri sendiri atau subordinate clause seperti contoh  berikut I want an apple that is red.  Artinya klausa "that is red"  menerangkan kata Apple.

Contoh  Adjective dan Adjective Clause

1.There is a red apple (Adjective)

2.There is an apple that is red (Adjective clause)

Bila kita ingin lebih lengkap lagi menggambarkan buah apel bisa seperti ini.

1.There is a sweet, big and red apple. (Adjective)

2.There is an apple that is sweet, big and red.  (Adjective clause)

Jelas kan perbedaannya antara  adjective biasa dan adjective clause terlihat pada penggunaan kata penghubung yang disebut relative pronoun seperti "that". Kata 'that" dan lainnya seperti who, whom, which, whose, menjadi pembentuk sebuah klausa yang disebut adjective clause.

Perhatikan kata dari contoh diatas ....that is sweet, big, and red ternyata tidak bisa berdiri sendiri karena memerlukan kata benda yang dimodifkasinya yaitu an apple. Namun kalimat "There is an apple" , bisa berdiri sendiri dan ini yang disebut simple sentence karena ada subject, verb dan object. Kalimat ini juga sering disebut dengan main clause atau kalimat utama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x