Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Pekerja kreatif televisi dan Guru Bahasa Inggris

a freelance tv creative

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Penggunaan "Cause" dan "Effect" dalam Bahasa Inggris

29 Maret 2018   17:51 Diperbarui: 1 April 2018   17:21 0 0 1 Mohon Tunggu...
Penggunaan "Cause" dan "Effect" dalam Bahasa Inggris
kompasiana-penggunaan-cause-effect-2-5ac0b14cdcad5b4b0e17a0c2.jpg

Hubungan sebab (cause)dan akibat (effect) dalam Bahasa Inggris secara umum sama dengan Bahasa Indonesia hanya saja kosa kata yang digunakan dalam bahasa Ratu Elizabeth II ini terbilang banyak, rumit dan ada kelasnya. Namun dalam tulisan ini hanya yang ringan-ringan yang diungkap dengan tujuan untuk keperluan sehari-sehari baik untuk ucapan maupun tulisan.

Pengertian cause adalah "the reason that something happens" atau "why something happens" yaitu alasan/mengapa sesuatu itu terjadi. Sedangkan pengertian effect/resultadalah "the consequences of an action" atau "what happened" yaitu konsekuensi suatu kejadian atau apa yang terjadi.

Hubungan sebab dan akibat dihubungkan kata penghubung yang disebut connectoryang punya pengertian " Something that joins two or more things together" atau sesuatu yang menghubungkan dua atau lebih hubungan sebab akibat seperti yang ada pada kata because (karena) dan so (jadi/maka).

Contoh keduanya seperti "I am tired BECAUSE I was swimming." (Saya lelah karena saya baru berenang). I am tired adalah cause sedangkan I was swimming adalah effect. Sedangkan causejuga berarti reason (alasan) seperti "The birds normally can fly BECAUSE they have wings." (Burung umumnya dapat terbang karena mempunyai sayap). They have wings masuk kategori reason. Contoh lain seperti George was absent today BECAUSE he was sick. (George absen karena dia sakit).

Penggunaan so seperti because dalam kalimat seperti diatas bisa dilakukan  hanya susunannya dibalik seperti "I was swimming SO I am tired". (Saya habis berenang maka saya lelah). Juga seperti "The birds have wings SO they normally can fly". (Burung mempunyai sayap jadi mereka umumnya dapat terbang). Seperti juga dalam "George was sick SO he was absent today" (George sakit jadi dia absen hari ini).

Melihat contoh-contoh diatas cause terjadi lebih awal tapi dalam mengungkapkannya tidak selalu pertama dinyatakan. Selain because dan so, ternyata ada beberapa kata lain yang juga berfungsi sebagai connector seperti since , if, then, before dan after. Contohnya "Diana saw a cockroach on her bagand  THEN  she started screaming." (Diana melihat kecoa di tasnya maka dia berteriak).  Bisa juga dengan dengan "Diana started screaming SINCEshe saw a cokcroach on her bag". (Diana berteriak karena melihat seekor kecoa di tasnya).

Contoh berikutnya "IF Steve studies hard (cause) (Bila Steve belajar dengan keras). THEN he will get good grades." (effect) (Maka dia akan mendapatkan nilai yang bagus). Bisa juga dengan menyatakan "BEFORE Steve gets good grades (effect), he must study hard (cause). (Sebelum Steve mendapatkan nilai yang bagus, dia harus belajar keras).

"[Kids] don't remember what you try to teach them. They remember what you are." Jim Henson (Anak-anak tidak ingat apa yang anda coba ajarkan kepada mereka, tapi mereka ingat apa yang anda ajarkan-Jim Henson).

Ref : Dari sejumlah Sumber  

KONTEN MENARIK LAINNYA
x