Mohon tunggu...
ipanmaulana
ipanmaulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Hobi saya mendengarkan musik, yang bagi saya adalah cara terbaik untuk mengekspresikan diri dan merasakan kedamaian. Musik memberikan saya kesempatan untuk melepaskan penat dan membangkitkan berbagai perasaan, tergantung dari genre yang saya dengarkan. Terkadang, saya merasa seperti musik bisa berbicara lebih banyak daripada kata-kata. Saya menikmati berbagai jenis musik, dari yang santai hingga yang penuh energi, karena setiap genre memiliki daya tariknya sendiri yang bisa menyesuaikan suasana hati saya. Bagi saya, musik bukan hanya hiburan, tetapi juga sarana untuk merenung dan meresapi kehidupan. Selain itu, saya sangat tertarik dengan dunia manajemen. Saya merasa nyaman dengan pekerjaan yang membutuhkan perencanaan dan pengorganisasian, dan saya suka memecahkan masalah serta merancang solusi yang efektif. Manajemen memberi saya kesempatan untuk melihat gambaran besar, memahami dinamika kelompok, dan bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Saya senang jika bisa mengelola sesuatu, baik itu proyek, tim, atau aktivitas lainnya. Saya merasa tertantang untuk menemukan cara terbaik agar segala sesuatu berjalan efisien dan sukses. Saya percaya bahwa kombinasi antara ketertarikan saya terhadap musik dan manajemen menciptakan keseimbangan yang baik dalam hidup saya. Musik memberi saya ruang untuk meresapi dan mengisi ulang energi, sementara manajemen memungkinkan saya untuk bertindak, merencanakan, dan mencapai tujuan-tujuan saya. Kedua hal ini mencerminkan siapa saya—seseorang yang menghargai kreativitas, tetapi juga memiliki orientasi yang kuat terhadap hasil dan efisiensi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemanfaatan model pembelajaran kooperatif learning untuk meningkatkan kemampuan kerja sama peserta didik di sdn 1 ciminyak

30 November 2024   15:32 Diperbarui: 30 November 2024   15:31 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BAB I PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang 

Pembelajaran kooperatif merupakan pendekatan yang menekankan pentingnya kerja sama dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan belajar bersama. Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada pencapaian hasil akademik semata, tetapi juga pada pengembangan keterampilan sosial yang sangat penting bagi perkembangan anak, seperti kemampuan bekerja dalam tim, komunikasi efektif, pemecahan masalah secara kolaboratif, dan pengembangan empati. Dalam konteks pendidikan di sekolah dasar, keterampilan sosial ini sangat vital karena siswa tidak hanya belajar untuk menguasai materi pelajaran, tetapi juga untuk mempersiapkan diri mereka dalam kehidupan sosial yang lebih luas. Di SDN 1 Ciminyak, model pembelajaran kooperatif telah diterapkan dengan tujuan untuk memfasilitasi siswa dalam berkolaborasi dan mengembangkan keterampilan sosial mereka. Melalui kegiatan yang melibatkan kerja sama kelompok, siswa diajak untuk berbagi ide, berdiskusi, dan menyelesaikan tugas bersama-sama, yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam bekerja dalam tim. Meskipun model ini telah diimplementasikan, efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan kerja sama siswa dan dampaknya terhadap keterampilan sosial mereka masih belum jelas sepenuhnya. Beberapa pertanyaan yang muncul adalah sejauh mana model pembelajaran kooperatif ini dapat meningkatkan kemampuan kerja sama di kalangan siswa, serta apakah ada perbedaan keterampilan sosial yang mencolok antara siswa yang terlibat dalam pembelajaran kooperatif dan mereka yang tidak terlibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan kerja sama siswa di sekolah dasar, khususnya di SDN 1 Ciminyak. Penelitian ini diharapkan dapat 2 memberikan wawasan lebih dalam mengenai manfaat pembelajaran kooperatif, baik dalam konteks pengembangan keterampilan sosial siswa maupun dalam konteks akademik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan-tantangan yang dihadapi dalam penerapan model kooperatif di kelas, serta faktor-faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kerja sama antar siswa. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan bagi guru dan pihak sekolah dalam mengembangkan praktik pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. 

B. Pertanyaan Penelitian 

1. Bagaimana model pembelajaran kooperatif mempengaruhi kemampuan kerja sama siswa di sekolah dasar?

2. Apa perbedaan keterampilan sosial yang muncul pada siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif dibandingkan dengan yang tidak?

C. Tujuan Penelitian 

1. Untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan kerja sama siswa. 

2. Untuk mengidentifikasi jenis kegiatan kooperatif yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan sosial siswa. 

BAB II PEMBAHASAN 

A. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk meneliti pemanfaatan media pembelajaran wayang cerita untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada peserta didik di SDN Karundang 1 Kota Serang. Pendekatan ini relevan karena menekankan pemahaman terhadap fenomena yang terjadi di lapangan tanpa hipotesis awal, sesuai dengan prinsip penelitian kualitatif yang menyatakan bahwa kenyataan memiliki dimensi jamak dan banyak kemungkinan makna (Moleong, 2014: 3). Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis untuk menggambarkan kondisi pembelajaran di sekolah tersebut. Penelitian ini berfokus pada pengumpulan fakta-fakta dari lapangan dan menghasilkan kesimpulan yang mencerminkan fenomena yang terjadi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun