Mohon tunggu...
ioanes rakhmat
ioanes rakhmat Mohon Tunggu... Science and culture observer

Seorang peneliti lintasilmu, terus berlayar, tak pernah tiba di tujuan, pelabuhan selalu samar terlihat, the ever-expanding sky is the limit.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Temuan Terkini WHO Terkait Asal-usul Covid-19 di Wuhan, dan Mutasi Mutakhir Coronavirus

17 Februari 2021   22:17 Diperbarui: 18 Februari 2021   09:10 251 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Temuan Terkini WHO Terkait Asal-usul Covid-19 di Wuhan, dan Mutasi Mutakhir Coronavirus
Pasar seafood Huanan di Wuhan. Getty Images

Tim misi WHO yang terdiri atas 17 ilmuwan yang dipimpin Peter Ben Embarek, bersama 17 ilmuwan China, telah melakukan investigasi langsung pertama di lokasi selama satu bulan tentang asal-usul wabah virus SARS-CoV-2 di Wuhan dan kawasan sekitarnya yang terletak di provinsi Hubei, China.

Seperti halnya dengan semua negara lain, apalagi negara besar seperti China, protokol "surveillance" yang ketat diberlakukan pemerintah China terhadap pekerjaan investigatif tim misi WHO. Bagaimana pun juga, tim ini telah sukses bekerja selama satu bulan bersama 17 ilmuwan China sebagai kolega mereka.

Temuan-temuan Pertama

Tim misi WHO itu baru saja merilis temuan-temuan mereka di Wuhan. Berikut ini.

1) Wabah infeksi coronavirus telah berlangsung lebih awal di Wuhan, sejak Oktober 2019, TANPA TERDETEKSI oleh para ilmuwan dan pemerintah China.

2) Saat wabah resmi dinyatakan telah terjadi, pertengahan Desember 2019 di Wuhan, SUDAH ADA tiga belas varian coronavirus yang telah menyebar luas.

Penemuan atas 13 varian coronavirus tersebut didapat setelah dilakukan sekuensing genetik terhadap sampel-sampel material-material genetik virus dari kasus-kasus positif Desember 2019 dan sebelumnya. Hasilnya, ditemukan 13 sekuen genetik virus yang berbeda.

Sampel-sampel material genetik ini berasal dari data pasien-pasien sepanjang 2019. Beberapa di antaranya berasal dari pasar-pasar, termasuk pasar seafood Huanan di Wuhan yang diduga berperan penting dalam penyebaran virus, dan beberapa lagi tidak terkait dengan pasar-pasar.

3) Penemuan PERTAMA KALI tiga belas sekuensing genetik virus yang berlainan tersebut menyarankan bahwa coronavirus SUDAH MENYEBAR LAMA sebelum Desember 2019 di Wuhan tanpa terdeteksi.

Lazimnya, setiap wabah virus di manapun baru resmi terdeteksi beberapa waktu (dalam hitungan minggu atau bulan) sesudah kejadian infeksi-infeksi pertama yang tak diketahui. Kasus wabah di Wuhan, resmi terdeteksi pertama di pasar seafood Huanan, Wuhan.

Pasien pertama Covid-19 asal Wuhan adalah seorang pria umur 40-an. Pria ini hidup normal dan berpenampilan biasa-biasa saja, bekerja di kantor sebuah perusahaan privat. Tak pernah mendaki gunung dan memasuki goa-goa. Juga tidak terkait dengan pasar-pasar seafood, dan sebelum sakit tidak pernah mengunjungi kota-kota lain. Tim misi WHO telah bertanyajawab dengannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x