Mohon tunggu...
Husnul Khotimah
Husnul Khotimah Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Mulai ngeblog sejak 2009 di www.jombloku.com dan sekarang saya menjadi full time blogger. Beraktifitas sebagai ibu rumah tangga dengan 2 orang anak laki-laki sambil menyalurkan hobi menulis dan membuat konten di blog, media sosial dan Youtube.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Pentingnya Belajar Literasi Digital

21 September 2021   14:59 Diperbarui: 21 September 2021   15:01 173 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Belajar Literasi Digital
Design by Inuel

Oh haiii... ketemu lagi nih sama saya Inuel. Jadii hari ini saya akan sharing sedikit tentang literasi digital, program yang sedang digaungkan untuk dipelajari oleh masyarakat Indonesia agar bisa berdigital dengan baik dan bijak.

Ada 4 pilar penting dalam edukasi literasi digital ini yang memang harus kita ketahui. Dari budaya digital, digital skill, etika digital sampai keamanan digital. Dan ke-4 literasi ini memang harus kita kuasai agar bisa menjadi netizen yang baik dan bijak dalam menggunakan digital.

Seperti yang kita ketahui bersama, dunia digital sudah menjadi kebutuhan semua orang. Mau dia berpendidikan atau yang hanya rebahan semuanya butuh internet. Dalam hal ini, menggunakan internet juga butuh ilmu agar kita bisa menghargai orang lain dan melindungi diri sendiri dari kejahatan siber.

Banyak orang yang sudah pandai menggunakan internet namun sayangnya kurang dibarengi dengan pemahaman literasi digital yang baik. Akhirnya, segala tindakan yang mereka lakukan mengakibatkan adanya jejak digital yang kurang baik dan itu akan merugikan diri sendiri dimasa depan. 

Jadi, kenapa kita harus belajar literasi digital?

Pertama, dengan literasi digital kita akan aman menggunakan dalam beinternet

Dari 4 pilar, ada poin keamanan yang juga sering dibahas dalam hal ini. Keamanan data diri saat menggunakan digital sangat sangat penting adanya. Mau kalian orang biasa yang gak pernah belanja online ataupun kalian yang sukanya make kartu kredit untuk transaksi online bahkan yang maniak belanja online seperti saya, wajib paham keamanan digital.

Banyak orang menganggap dirinya adalah orang biasa yang gak ada apapun yang istimewa untuk dicuri darinya. Ketahuilah, hal ini tentu saja sangat salah ya teman-teman. Jika kalian nggak punya apapun, justru NIK (Nomor induk kependudukan) adalah salah satu hal yang harus kalian lindungi dengan baik.

Dokpri
Dokpri

Jangan merasa tidak punya apa-apa akhirnya dengan sembarangan mengumbar KTP atau yang berhubungan dengan data pribadi ke ranah umum (media sosial) dengan mudahnya. Justru hal ini akan mengakibatkan banyak sekali masalah dikemudian hari. Dari hal sepele seperti digunakan untuk menipu orang, sampai yang dijadikan untuk mengajukan pinjaman online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan