Mohon tunggu...
Indrian Safka Fauzi
Indrian Safka Fauzi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Pemuda asal Cimahi, Jawa Barat kelahiran 1 Mei 1994. Praktisi Kesadaran Berketuhanan, Kritikus Fenomena Publik dan Pelayanan Publik. Sang pembelajar dan pemerhati abadi. The Next Leader of Generation.

🌏 Akun Pertama 🌏 My Knowledge is Yours 🌏 The Power of Word can change The World, The Highest Power of Yours is changing Your Character to be The Magnificient. 🌏 Sekarang aktif menulis di Akun Kedua, Link: kompasiana.com/rian94168 🌏

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Menuju 2023: Sudut Pandang Pelanggan Akan Kualitas UMKM

13 Oktober 2022   06:00 Diperbarui: 13 Oktober 2022   06:07 580
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Enterprenuer (Sumber: Freepik)

Hai sahabat pembaca!

Dunia UMKM tidak lepas dari istilah Produk dan Pelayanan, dari Produk yang ditawarkan UMKM kita mendapatkan benefit atau keuntungan, dan dari Pelayanan yang disajikan UMKM kita mendapatkan kenyamanan.

Yang mesti diwaspadai jangan sampai pelanggan UMKM kabur dan pindah di ke lain hati, karena tidak mendapat benefit dari produk dan kenyamanan dari pelayanan kita.

Ada terdapat rumus-rumus guna meraih kesuksesan di hati para pelanggan UMKM, seperti gambar dan penjelasan berikut sebagaimana subjektivitas saya pribadi sebagai pelanggan:

Kualitas Pelayanan dan Produk (Dokpri - Kreasi Penulis)
Kualitas Pelayanan dan Produk (Dokpri - Kreasi Penulis)

Produk Berkualitas - Pelayanan Berkualitas = Pelanggan diuntungkan dan merasa nyaman, maka terjalin hubungan mutualisme. Berkesempatan direkomendasikan oleh pelanggan kepada circle-nya.

Produk Tidak Berkualitas - Pelayanan Berkualitas = Pelanggan dirugikan walaupun merasa nyaman, menyebabkan pelanggan merasa tertipu. Dan pada akhirnya mempertimbangkan untuk tidak merekomendasikan kepada circle-nya, jika ini terjadi pada pertemuan dengan pelanggan pada pertama kalinya. Menyebabkan prasangka diantara Pelanggan.

Produk Berkualitas - Pelayanan Tidak Berkualitas = Pelanggan diuntungkan tapi merasa tidak nyaman, pelanggan kapok datang lagi dan tidak merekomendasikan kepada circle-nya, jika ini terjadi pada pertemuan dengan pelanggan pada pertama kalinya. Karena khawatir menimbulkan ketidaknyamanan pada circle-nya.

Produk Tidak berkualitas - Pelayanan Tidak Berkualitas = Pelanggan dirugikan dan merasa dibuat tidak nyaman, pelanggan tidak menaruh percaya kembali kepada Brand UMKM tersebut. Bahkan pelanggan berpotensi mempengaruhi circle-nya untuk tidak berhubungan dan Brand UMKM yang dimaksud.

Kriteria dan Result (Dokpri - Kreasi Penulis)
Kriteria dan Result (Dokpri - Kreasi Penulis)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun