Mohon tunggu...
Indrian Safka Fauzi
Indrian Safka Fauzi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Pemuda asal Cimahi, Jawa Barat kelahiran 1 Mei 1994. Praktisi Kesadaran Berketuhanan, Kritikus Fenomena Publik dan Pelayanan Publik. Sang pembelajar dan pemerhati abadi. The Next Leader of Generation.

🌏 Akun Pertama 🌏 My Knowledge is Yours 🌏 The Power of Word can change The World, The Highest Power of Yours is changing Your Character to be The Magnificient. 🌏 Sekarang aktif menulis di Akun Kedua, Link: kompasiana.com/rian94168 🌏

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Mempertanyakan Vote yang Diberikan Pada Artikel Teruji Kebermanfaatannya

30 September 2022   09:45 Diperbarui: 30 September 2022   12:20 138 11 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Responmu (Dokpri - Screenshot dan hasil olahan penulis)

Pagi-pagi gini memang enak rasanya untuk memantik perhatian sahabat Kompasianer juga Readers, melalui tulisan humor manis manis sedap.

Saya mengamati di beberapa artikel yang membahas berbagai keilmuan, relevansi vote yang diberikan sahabat Kompasianer sejatinya menceminkan kejiwaan kita lho!

Saya jadi makin tahu, kualitas kejiwaan sahabat hanya dengan vote yang diberikan pada artikel yang sudah teruji kebenaran dan manfaatnya.Β Terkesan judgementalkah? Β (Saya menyeringai) Itu dikembalikan kepada referensi hidup masing-masing sahabat Kompasianer. Toh ini tulisan humor kok. Jadi aman!

Sahabat yang men-vote: Bermanfaat, wah berarti sahabat sudah dan memang merasakan kebermanfaatannya jika diaplikasikan dalam kehidupan! Selamat Sahabat! Ini menujukkan keluasan dan kejembaran wawasan subjektif sahabat.

Sahabat yang men-Vote: Inspiratif, saya merasakan empati dari sahabat Kompasianer. Ada perasaan bahwa kami dinilai begitu pedulinya kepada sahabat kompasianer sampai share wawasan yang sarat manfaat ini, oleh kami yang tak meminta imbalan. Itu juga syukur-syukur kami di berikan hadiah oleh Kompasiana melalui K-Reward karena kontribusi views. Maka kami maknai Sahabat yang menekan tombol inspiratif itu peduli dan empati.

Sahabat yang men-Vote: Aktual, ini menujukkan Sahabat Kompasianer mempertegas dan menguatkan artikel saya bahwa artikel yang memang dijamin kebermanfaatanya dinilai sahabat Kompasianer sarat nilai kebenaran dan dapat diambil pelajaran berharga didalamnya. Selamat untuk yang memberikan vote Aktual. Saya tak meragukan referensi hidup sahabat!

Sahabat yang men-Vote:Β Menarik, nah saya mulai mempertanyakan referensi hidup sahabat nih. Ada 2 makna bias yang tersaji dari tombol menarik. Yang pertama artikel tersebut keren, berani tampil beda dan lainnya sebagai bentuk apresiasi.Β 

Tapi arti-makna-tafsir yang kedua menunujukkan bahwa: Apa jangan-jangan sedang ada dalam masalah? Meragukan kebermanfaatan artikel? Atau tidak ada pelajaran yang diambil dari tulisan yang memang sudah teruji kebermanfaatannya secara subjektif dengan proses metode kebenaran secara ontologi, epistemologi dan axiologi?Β 

Kecuali kalau sahabat meninggalkan jejak komentar yang membenarkan artikel yang memang bermanfaat untuk diaplikasikan. Yah terkadang apa yang sahabat tinggalkan di setiap artikel itu bisa menghakimi diri sendiri kalau tidak relevan dengan realitas. Cie.

Sahabat yang men-Vote: Menghibur, ada 2 makna yang bias, satu memang artikel tersebut benar-benar menghibur karena ada arti-makna-tafsir dan relevan dari sudut pandang subjektif sahabat sarat relevansi dengan realitas. Dan satunya lagi patut dipertanyakan kondisi kejiwaan sahabat! Kecuali kalau ada komentar penjelas, mengapa bisa menghibur artikel tersebut.

Sahabat yang men-Vote:Β Unik, ada 2 makna yang bias, satu memang artikel ini tiada duanya, bukan kaleng-kaleng, hasil karya cipta dan kreasi penulis yang otentik. Dan makna satunya lagi, jangan-jangan sahabat memang sedang dirundung permasalahan kah sesuai yang tertulis di artikel? Maka dari itu alangkah baiknya beri penjelas maksud vote unik dengan berkomentar apa alasan artikel tersebut unik.

Kan jadi keliatan sama dirikuh akan karakter kamuh, kamuh dan kamuh, hanya dari respon berupa vote dan komentar yang diberikan baik di artikel pribadi, maupun di artikel sesama rekan kompasianer yang baik hati.

Gimana serem atau menghibur? Ya itu tergantung referensi hidup dirimu sahabatkuh, dari sudut pandang hidup, dan dari apa yang membingkai pikiranmu. Gitu loch.

Pada akhirnya daku menyadari, betapa besarnya perhatian sahabat kompasianer terhadap tulisan-tulisan saya. Terima Kasih.

Tertanda.
Rian.
Cimahi, 30 September 2022.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan