Mohon tunggu...
Intan Widiyanti
Intan Widiyanti Mohon Tunggu... Belajar

Belajar

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dengan Program SOMASI Mahasiswa UNS Melakukan KKN Era-Covid-19 di Dukuh Gunung Watu Karanganyar

7 Juli 2020   07:56 Diperbarui: 7 Juli 2020   07:55 47 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dengan Program SOMASI Mahasiswa UNS Melakukan KKN Era-Covid-19 di Dukuh Gunung Watu Karanganyar
Gambar 1. Kegiatan KKN UNS Era Covid-19 Dukuh Gunung Watu | dokpri

Kalijirak,Karanganyar -- Intan Widiyanti, seorang Mahasiswa UNS jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP, melaksanakan program KKN Era Covid-19 dengan program kerja unggulannya yakni SOMASI (Sosialisasi, pembagian dan edukasi masker dan handsanitizer), selain program unggulan tersebut terdapat program lainnya yakni pelatihan pembuatan tempat cuci tangan dari bahan ember dan pembuatan video-video edukasi terkait Covid-19 dan New Normal. Program sosialisasi dilakukan secara online melalui whatssapp dan youtube kepada 4 sasaran utama yakni Bapak-bapak, Ibu-ibu PKK, Karang taruna dan Kader Posyandu. 

Dalam program sosialisasi tersebut menggunakan berbagai media yakni banner MMT Cegah Covid 29, poster cegah Covid baik online maupun langsung, dan juga video., dalam rangkaian program sosialisasi terdapat 3 sesi yakni penyampaian materi, tanya jawab, dan tindak lanjut. Antusiasme warga untuk bertanya dan keingin tahuan terkait materi yang disampaikan sangat besar terbukti pada banyaknya pertanyaan yang disampaikan dengan berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Pembuatan video-video edukasi terkait Covid-19 sampai pengetahuan mengenai new normal. 

Program edukasi dan pembagian masker handsanitizer dilakukan pada tanggal 24 Mei 2020 yang bertepatan pada Hari Raya Idul Fitri, dimana  waktu dipilih karena masyarakat melaksanakan solat idul fitri di masjid setempat, dengan sasaran warga yang tidak mengenakan masker. Program lainnya yakni pelatihan secara online untuk membuat tempat cuci tangan dari ember melalui grup whatssapp dan youtube. 

Program-program KKN Era Covid-19 tersebut telah terselesaikan pada 14 Juni 2020 dan mendapatkan apresiasi baik dari Ketua RT Bapak Seno yang mengatakan "Terima kasih banyak kepada Mbak Intan yang telah melaksanakan KKN di Gunung Watu, ilmu-ilmunya sangat berguna dan bermanfaat bagi warga dukuh Gunung Watu", ucap Pak Seno selaku Ketua RT 2 Dukuh Gunung Watu.

VIDEO PILIHAN