Mohon tunggu...
Intan RodiahGusman
Intan RodiahGusman Mohon Tunggu... Musisi - Mahasiswa Hubungan Internasional Univ.Potensi Utama

start something by doing some small things

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Aku

29 September 2020   07:36 Diperbarui: 29 September 2020   07:57 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

AKU
Setiap anak itu unik, setiap anak dilahirkan dengan karakteristik dan keunikan masing-masing. Maka dari itu tidak dibenarkan untuk membandingkan satu anak dengan yang lainnya. Pada tulisan saya kali ini saya ingin memperkenalkan diri saya melalui salah satu metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (Strenghts), kelemahan ( Weaknesses), peluang (Oppurtunities), dan ancaman ( Trheats).

Setiap orang pasti memiliki keunikan tersendiri dan menjadi cirri khas dari dirinya. Baik sesuatu yang bersifat positif maupun negative yang akan membangun karakter dirinya. Begitupun dengan diriku yang penuh kekurangan namun dengan segala kekurangan aku selalu ingin berbenah diri agar menjadi lebih baik dari versi diriku di masa lalu. 

Dengan itu aku mulai lebih focus dalam segala sesuatu hal yang ingin ku capai dengan bersungguh-sungguh dalam menyerap segala ilmu yang telah diberikan serta tak lupa untuk memperlajari hal-hal yang tidak aku mengerti dengan bertanya dan berdiskusi dengan teman sejawatku. 

Dan semekain beranjak dewasa aku juga sadar bahwa aku harus bisa menjadi pribadi yang lebih tangguh dan kritis dalam mengambil keputusan dan mampu mengendalikan emosi sesuai dengan porsi dan tempatnya. Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tak hanya aku tempuh di bangku kuliah saja, namun aku juga gemar berpartisipasi di forum-forum komunitas yang menurutku dapat menambah wawasan dan kebermanfaatan bagi diriku dan pendidikanku. 

Salah satu kegiatan dari salah satu komunitas yang aku ikuti adalah mengajar anak-anak di daerah pinggiran, dan aku kerap diamanahkan untuk menjadi salah satu tim pengajarnya karena dianggap memiliki kesabaran dalam menghadapi anak-anak (walau tidak sepenuhnya benar :)). 

Namun aku selalu senang dalam melakukan hal-hal yang dapat bermanfaat bagi banyak orang dan bisa menebar secercah kebahagiaan yang mungkin tidak mereka dapatkan  dan senang ketika melihat senyuman mereka melebar menyambut kehadiran kita di lingkungan mereka. Maka dari itu aku senang bisa bertemu dengan banyak orang-orang baru, ditambah lagi bila mereka adalah senior-senior maka disitulah kesempatanku untuk dapat menyerap ilmu dari mereka. 

Dengan begitu kita bisa menambah teman tentunya dan dapat memperluas relasi kita sehingga banyak peluang untuk prospek pada kehidupan kita kedepannya. Disamping itu aku juga memiliki hoby berwirausaha sejak aku masih kecil, dan aku sangat menikmati hoby ku itu, sebuah hoby yang sederhana namun dapat  memberi manfaat bagi diriku terutama dalam membangun  sifat mandiri dan bertanggung jawab.

Walau begitu sebagai manusia biasa, aku juga tak luput dari segala kesalahan dan kelemahan di dalam diriku. Dalam mengerjakan sesuatu terkadang aku lupa hingga meremehkan hal-hal kecil yang awalnya tak ku anggap terlalu penting malah membawa efek yang besar bagi kehidupanku, dan terkadang sempat merasa kurang percaya diri dengan hasil yang telah aku kerjakan atau bisa dikatakan pesimis sebelum mencobanya. 

Namun aku terus untuk mengingatkan diri untuk tidak larut dalam kekhawatiran dan rasa yang penuh dugaan semata maka aku selalu isi dengan melakukan hal-hal yang positif dan ikut dengan komunitas yang bisa membawaku untu bisa menghanyutkan prasangka negative dan merubahnya menjadi energy postif. Maka dari itu aku akan terus berbenah diri dan berjanji untuk terus belajar dalam memperbaiki diri dan senatiasa berlapang dada untuk menerima segala nasihat dan arahan dari saiapapun.

Semangat berbenah diri untuk menjadi lebih baik dari versi lama kita :)
Salam semangat untuk kita semuaa !!!!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun