Mohon tunggu...
Pendidikan

"Future Development, Polytropice"

1 Juni 2018   21:57 Diperbarui: 1 Juni 2018   22:41 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nama: Intan Mutia Zahira
NPM: 1506803472
Tugas Individu Ujian Akhir Semester
Kewirausahaan Stratejik
Future Development

BAB 1 PENDAHULUAN

Semakin berkembangnya zaman, ide bisnis semakin beragam. Hal ini dipengaruhi dengan semakin beragamnya kebutuhan manusia. mengakibatkan produsen harus melakukan pengembangan ide-ide inovasi yang dapat membantu memnuhi kebutuhan konsumen yang tinggi. Banyak produsen memanfaatkan tingkat mobilitas konsumen yang tinggi ketika memikirkan suatu inovasi pada suatu produk. Kepraktisan merupakan salah satu hal yang diinginkan ketika membeli suatu produk. 

Ketika konsumen membeli suatu produk, mereka cenderung mempertimbangkan berbagai hal dari segala aspek. Seperti apa manfaat yang mereka dapatkan dari produk tersebut? Apa kegunaan produk tersebut? Berapakah harga yang harus mereka bayar untuk mendapatkan produk tersebut? Apakah harga yang dibayarkan sesuai dengan manfaat yang diterima? Apakah produk tersebut menyediakan pilihan warna atau bentuk yang mereka sukai?

Berdasarkan pertanyaan dan pertimbangan yang cenderung dilakukan konsumen tersebut, saya berminat untuk mengembangkan produk phonecase untuk smartphone. Pengembangan produk ini dilatarbelakangi karena smartphone atau telepon genggam sudah menjadi kebutuhan pokok bagi generasi sekarang ini. 

Semua orang tidak bisa lepas dari smartphone mereka. Tingkat mobilitas mereka yng tinggi menyebabkan smartphone harus selalu siap sedia di tangan. Phonecase sendiri berfungsi untuk menghindari smartphone konsumen dari kerusakan akibat benturan. Phonecase juga dijadikan sebagai 'pemanis' smartphone mereka. Sehingga konsumen cenderung akan memilih model phonecase yang sesuai dengan selera mereka.

Inovasi yang ingin saya kembangkan adalah menambah fungsi dari phonecase dalam bentuk slide phonecase yang bernama "Polytropice". Slide phonecase sendiri merupakan inovasi yang berasal dari korea selatan, dan di Indonesia sendiri belum ada yang memproduksi maupun menjual slide phonecase ini. 

Slide phonecase merupakan phonecase yang memiliki fungsi selain untuk melindungi smartphone tetapi juga memiliki fungsi untuk menyimpan kartu, dimana ketika phonecase digeser atau dislide ke atas maupun ke bawah kita dapat menyimpan kartu di dalamnya, seperti kartu transportasi maupun kartu kredit atau debit. 

Produk ini akan sangat bermanfaat bagi konsumen yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi dan juga bagi konsumen yang menggunakan transportasi umum. Dengan adanya keberadaan inovasi produk slide phonecase ini, konsumen dapat menyimpan kartu transportasi mereka di dalam phonecase mereka dan tanpa takut kartu tersebut tergores ataupun patah, karena terdapat ruang khusus untuk penyimpanannya.

BAB 2 BUSINESS MODEL CANVAS

Rencana pengembangan bisnis "Polytropice" memiliki langkah-langkah validasi, perancangan business model canvas dan validasi business model canvas untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat minat konsumen terhadap produk ini dan apa saja persiapan dan perencanaan yang harus dilakukan agar proses bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Pada business model canvas merupakan penggambaran dasar pemikiran tentang bagaimana menciptakan, memberikan dan menangkap value suatu produk. Terdapat elemen-elemen yang berfungsi untuk menganalisis rencana bisnis sehingga mengetahui apa yang kurang tepat dari rencana bisnis dan mengetahui apa yang harus diperbaiki sehingga dapat mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Elemen-elemen dalam analisis bisnis tersebut terdiri dari:

Customer Segments

Target konsumen "Polytropice" memiliki segmen pasar yang berfokus pada generasi milenial yang menggunakan smartphone dimana selain membeli suatu produk karena mereka membutuhkan produk tersebut, mereka juga membelinya karena sesuai dengan selera mereka. Generasi milenial juga cenderung menerima inovasi-inovasi baru dan mengikuti tren pada saat tersebut. Target "Polytropice" juga ditujukan kepada pengguna transportasi umum, karena dengan fungsi tambahannya untuk menyimpan kartu, dapat mempermudah mereka untuk menyimpan kartu transportasi di dalam phonecase mereka.

Segmentasi konsumen "Polytropice" dapat menjangkau baik laki-laki maupun perempuan dan wilayah penyebarannya tidak hanya terbatas di satu wilayah namun dapat dipasarkan ke seluruh Indonesia, sesuai dengan penyebaran penggunaan smartphone di Indonesia.

Value Propositions

Value proposition dari slide phonecase diantaranya:

Newness: Inovasi penambahan fungsi phonecase pada smartphone genggam belum ada diproduksi maupun di pasarkan di pasar Indonesia. Dengan mengembangkan ide bisnis ide produk ini diharapkan dapat menjadi market leader pada pasar penjual slide phonecase.

Uniqueness: Slide phonecase "Polytropice" tentu menjadi suatu ide yang memiliki keunikan. Karena  dengaan bentuknya yang tidak berbeda dengan phonecase pada umumnya, namun ada keunikan dapat menyimpan kartu didalamnya

Convinience: Phonecase pada umumnya hanya digunakan untuk melindungi smartphone, tetapi dengan juga memiliki fungsi lain untuk menyimpan kartu. Sehingga memberikan kemudahan bagi konsumen pengguna smartphone yang juga pengguna jasa transportasi umum, dimana ini sesuai dengan nama produk ini, "Polytropice", yang berasal dari kata polytropic dimana memiliki arti memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai hal, dimana sesuai dengan fungsi yang diberikan oleh "Polytropice"

Channels

Channels memiliki beberapa fungsi penting dalam perencanaan bisnis yaitu guna mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, memberikan konsumen informasi yang diperlukan terkait produk dan memperkenalkan value proposition dari produk, memberikan konsumen kesempatan untuk membandingkan produk dan kemudian memutuskan pembelian hingga akhirnya produk diterima oleh konsumen. Channels juga menjadi sarana bagi pebisnis dalam pengevaluasian produk berdasarkan tanggapan konsumen setelah mereka melakukan pembelian dan menggunakan produk.

"Polytropice" melakukan pengenalan produk melalui sosial media, karena sosial media merupakan sarana yang efektif untuk menyebarkan informasi terkait produk dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat dari beragam usia dan juga wilayah. Untuk menjangkau target konsumennya, "Polytropice" akan membuat beberapa akun media sosial yang dapat diikuti oleh konsumen seperti instagram, twitter, LINE@. Aku media sosial juga menjadi wadah bagi konsumen untuk nenyampaikan tanggapan, kritikan serta saran mengenai produk "Polytropice" setelah mereka melakukan pembelian sehingga dapat menjadi input yang baik untuk evaluasi dan perbaikan dan pengembangan produk "Polytropice".

Selain membuat akun media sosial sebagai sarana informasi dan komunikasi dengan konsumen, "Polytropice" juga akan membuat akun e-commerce yang berfungsi sebagai sarana konsumen untukmembeli produk seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Carousell, dimana konsumen berkesempatan untuk memilih jenis atau tipe phonecase mana yang sesuai dengan seleranya.

Menghadiri exhibition juga merupakan sarana bagi "Polytropice" untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat secara langsung melihat dan merasakan manfaat dari "Polytropice". Exhibition yang mungkin diikuti "Polytropice" adalah yang bertema teknologi dan pameran elektromik, sehingga dapat menjangkau target pasar "Polytropice".

Customer Relationships

Untuk memastikan agar seluruh pertanyaan konsumen terjawab dan tanggap dalam menjalin serta menjaga hubungan baik dengan konsumen, "Polytropice" akan memiliki personal assistance untuk memastikan ketercapaian hal tersebut. Keberadaan personal assistance ini juga dapat menjaga hubungan jangka panjang dengan konsumen.

Setiap pembelian yang dilakukan konsumen, "Polytropice" akan memberikan thank you card kepada konsumen, ini diharapkan akan memberikan kesan yang baik oleh konsumen terhadap "Polytropice" dan bentuk terima kasih "Polytropice" atas kepercayaan konsumen memilih produk "Polytropice".

Revenue Streams

"Polytropice" mendapatkan pendapatan berasal dari penjualan yang dilakukan baik secara langsung yaitu ketika mengikuti exhibition ataupun secara online atau melalui aku e-commerce kami. Untuk kedepannya "Polytropice" tidak menutup kemungkinan untuk menditribusikan produk ke toko-toko elektronik sehingga tidak hanya menjangkau konsumen pada waktu tertentu atau melalui media sosial tetapi juga semakin mendekatkan produk "Polytropice" dengan konsumen melalui distributor.

Key Activities

Aktifitas utama "Polytropice" terdiri dari merancang design, menentukan pilihan warna, membuatan produk, dan mengirimkan produk kepada konsumen. Kegiatan merancang design produk dan membuat produk kami bekerja sama dengan desainer dan vendor untuk menghasilkan "Polytropice", untuk packaging, "Polytropice" menyiapkan packaging yang tidak hanya menjaga keamanan kualitas produk, tetapi juga memiliki bentuk yang elegan. Pemasaran merupakan aktifitas utama kami guna terus melakukan update informasi mengenai "Polytropice" kepada konsumen

Key Resources

Sumber daya utama "Polytropice" tentu saja produk dari "Polytropice" itu sendiri, yaitu slide phonecase, selain itu desain dari "Polytropice" dan desain packaging termasuk sumber daya utama dari "Polytropice".

Key Partners

Rekan kerja utama "Polytropice" terdiri dari desainer produk dan vendor pembuat produk, selain itu "Polytropice" juga bekerja sama dengan vendor untuk menyediakan packaging untuk produk

Cost Structure

Struktur biaya dari kegiatan bisnis yang dijalankan "Polytropice" terdiri dari:

Fixed cost

Desain produk
Rp 50.000
Produksi slide phonecase
Rp 100.000
Biaya packaging
Rp 20.000
Total
Rp 170.000

Modal

Penjualan 25pcs per hari (30 hari)
Rp. 127..500.000

Profit

Total harga per PC
Rp 170.000
Expected margin (45%)
Rp 76.500
HARGA
Rp 246.500

 

BAB 3 PENUTUP

Berdasarkan pemaparan latar belakang pengembangan ide bisnis slide phonecase, dimana ide bisnis ini dilatarbelakangi karena smartphone atau telepon genggam sudah menjadi kebutuhan pokok bagi generasi sekarang ini. Semua orang tidak bisa lepas dari smartphone mereka. 

Tingkat mobilitas mereka yng tinggi menyebabkan smartphone harus selalu siap sedia di tangan. slide phonecase menjadi solusi bagi konsumen yang memiliki mobilitas tinggi dan pengguna aktif transportasi umum, Dengan adanya keberadaan inovasi produk slide phonecase ini, konsumen dapat menyimpan kartu transportasi mereka di dalam phonecase mereka dan tanpa takut kartu tersebut tergores ataupun patah, karena terdapat ruang khusus untuk penyimpanannya. 

Dalam business model canvas juga dijelaskan mengenai elemen-elemen yang penting dalam perencanaan bisnis sehingga tujuan bisnis dapat tercapai memenuhi targetnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun