Mohon tunggu...
Intan Murni
Intan Murni Mohon Tunggu... Ilmu Komunikasi '16 UAJY

tahan banting harga mati

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Lima Kerja Sama Atma Jogja dengan Luar Negeri yang Paling Menggiurkan Mahasiswa

23 Oktober 2018   03:08 Diperbarui: 23 Oktober 2018   04:09 0 0 0 Mohon Tunggu...
Lima Kerja Sama Atma Jogja dengan Luar Negeri yang Paling Menggiurkan Mahasiswa
(uajy.ac.id)

Mendapatkan beasiswa ataupun melakukan program pertukaran pelajar adalah hal yang menjanjikan bagi masa depan mahasiswa. Namun, semua hal itu tidak akan didapat tanpa adanya kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan ataupun perusahaan.

Bentuk kerjasama itu pun bisa bermacam-macam, bisa berupa beasiswa, magang, pertukaran pelajar, kunjungan akademisi, dan sebagainya.  Kantor Kerjasama dan Promosi (KKP) Universitas Atma Jaya Yogyakarta beserta unit dan fakultas-fakultas, berupaya mewujudkan kerjasama dengan institusi luar negri sebagai perwujudan internasionalisasi universitas (www.uajy.ac.id)

Berikut beberapa nama institusi yang melakukan kerjasama dengan Atma Jogja dengan bentuk kerjasamanya yang paling menggiurkan:

1. ACUCA

Association of Christian Universities and Colleges in Asia (ACUCA) adalah Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik di Asia (http://acuca.net/). Total terdapat 62 perguruan tinggi di 8 negara yang berada di kawasan Asia, antara lain: Hong Kong, India, Indonesia, Japan, Korea, the Philippines, Taiwan dan Thailand. Program yang dimiliki adalah SMS (Student Mobility Scheme), yaitu program pertukaran pelajar pada fall dan spring semester.

Mahasiswa dapat melakukan exchange dengan memilih universitas mana yang hendak dijadikan host (tuan rumah) untuk pertukaran selama satu semester. Universitas yang dapat dipilih adalah universitas yang juga tergabung dalam ACUCA. Bila terpilih, mahasiswa juga bisa mendapatkan beasiswa full untuk biaya kuliah dan biaya hidup selama satu semester di universitas host.

2.IAESTE

International Association for the Exchange of Students for Technical Experience (IAESTE) adalah asosiasi international yang memberikan peluang internship (magang) bagi para mahasiswa (https://iaeste.org/). Adapun cakupannya menjangkau 80 negara di seluruh dunia, dengan total lebih dari 1000 universitas yang tergabung.

Mahasiswa yang ingin melakukan magang, khususnya di bidang teknik, akan melakukan proyek dengan didampingi akademisi atau profesional di tempat yang menjadi host mereka. Mahasiswa diperbolehkan memilih tempat dan profesi yang ingin difokuskan, lalu proses seleksi akan dilakukan. Jangka waktu magang berbeda-beda tiap periodenya, tergantung pada proyek yang akan dijalankan mahasiswa tersebut.

3.Inha University

Universitas Inha berada di Incheon, Korea Selatan (http://www.inha.ac.kr). Adapun yang ditawarkan kepada adalah adanya program summer school, di mana mahasiswa dapat belajar budaya dan bahasa, serta berkeliling di Korea Selatan untuk periode waktu 3 minggu. Yang menarik dari program ini adalah mahasiswa diperbolehkan memilih kelas mana yang ingin diikuti, seperti: Bahasa Korea, Perfilman Korea, Kesehatan, K-Pop Drama, dsb.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x