Mohon tunggu...
MRBFinance
MRBFinance Mohon Tunggu... Bookkeeping, Accounting, Tax, Professional Service

Plaza Cirendeu blok 1A 0851-5776-0399

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Management Report yang Baik untuk Perusahaan Kamu

7 Mei 2021   10:50 Diperbarui: 7 Mei 2021   11:00 65 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Management Report yang Baik untuk Perusahaan Kamu
MRB Finance

Beberapa pemilik perusahaan mungkin sudah merasa bahwa perusahaan yang dimilikinya telah berjalan dengan baik, dengan adanya aliran pendapatan yang ada setiap bulan dan dapat membayar pengeluaran perusahaan dengan baik. Namun bukan berarti kondisi perusahaan tersebut sudah sehat sehingga siap untuk melakukan pengembangan bisnis selanjutnya.

Untuk itu dibutuhkan sebuah "Management Report" sebagai dasar penilaian yang sesuai dengan kondisi perusahaan yang sebenarnya.

Business owner dapat mempelajari dan menganalisa kondisi perusahaannya melalui laporan-laporan yang dibuat secara ringkas. Karena bagi para pemilik perusahaan biasanya tidak punya waktu untuk terjun langsung dalam operasional perusahaan sehari-hari maka laporan-laporan ini menjadi tools yang baik untuk mengontrol kinerja perusahaannya.

 

Tips untuk membuat management report yang baik.

  • Buatlah secara ringkas, efektif, relevan, mudah dimengerti & point to point

Tips pertama jangan terlalu banyak memasukan narasi ke dalam laporan. Namun tetap harus secara lengkap dan detail.

Buatlah laporan point to point hal-hal yang perlu disampaikan. Dan buat laporan yang relevan dan mudah dimengerti oleh business owner sehingga owner tidak perlu membuang banyak waktu untuk mempelajari report tersebut.

Umumnya management report yang baik hanya ada 1-3 halaman tergantung laporan-laporan apa yang harus ada di perusahaan.

  • Highlight Pencapaian Perusahaan

Pencapaian yang dimaksud bukan hanya pencapaian pada revenue. Lebih dari itu highlight juga pencapaian yang berdampak pada perusahaan, produk, komunitas, karyawan. Dalam hal ini masukan data-data pendukung seperti kutipan, cerita individu atau testimony

  • Memvisualisasi Angka

Angka dalam laporan sangat-sangat penting namun orang cinderung tidak suka memperhatikan hal tersebut. untuk itu perlu mengemasnya dengan konsep yang lebih menarik.

Pembaca cenderung jenuh jika disajikan banyak paragraf atau tabel berisi angka-angka. Belum mulai membaca, sudah hilang minat duluan. Untuk menyiasatinya, visualisai yang baik adalah kunci. Buatlah infografis data dengan tema tertentu agar mudah diterima oleh siapapun.

Berikut beberapa laporan yang penting penggunaannya di dalam perusahaan, antara lain:

1. Laporan Penjualan (Sales Report)

Laporan penjualan memiliki arti penting untuk mengukur bagaimana perusahaan akan bertumbuh ke depannya. Angka penjualan dapat mencerminkan bagaimana respon pasar dan pelanggan terhadap produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan. Pada umumnya apabila angka penjualan produk dan jasa terlihat besar maka penilaian pelanggan adalah baik kepada perusahaan.

2. Laporan Persediaan Barang (Inventory)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN