Mohon tunggu...
Intan Laili Zakiyah
Intan Laili Zakiyah Mohon Tunggu... Penulis

Investasi terbaik adalah ilmu

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ketika Kota Kediri Menjadi Ujung Tombak Perubahan Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju

23 Januari 2021   22:04 Diperbarui: 23 Januari 2021   22:15 219 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Kota Kediri Menjadi Ujung Tombak Perubahan Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju
Sumber: Dokumentasi Instagram @englishmassive

Rekacipta Indonesia tidak akan terlepas dari dunia pendidikan di Indonesia karena dari dunia pendidikan dapat mendorong sektor kreativitas dan inovasi untuk masa depan. Pendidikan menjadi ranah yang pasti dalam perubahan dan inovasi.

Di tahun penuh tantangan ini, ketika wabah pandemi covid-19 memaksa dunia pendidikan melakukan pembelajaran dengan cara yang berbeda. Modifikasi untuk inisiatif merdeka belajar kini sedang menjadi topik yang hangat di dunia pendidikan.

Banyak sekali program-program pendidikan yang akan dilakukan namun terhalang oleh wabah pandemi. Salah satunya yang menyita perhatian adalah program kampus merdeka yang dicetuskan oleh Bapak Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim.

Program kampus merdeka memperbolehkan mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama tiga semester. Sehingga mahasiswa akan mendapatkan dua pengalaman sekaligus yaitu belajar di dalam dan di luar kampus. Sehingga saat belajar di luar, base learning baik secara individu maupun kelompok dapat terasah dengan baik.

Pada tahun 2021 akselerasi program terus dimatangkan terutama dalam bidang digitalisasi menggunakan internet. Kini banyak sekali pelatihan yang dapat diakses secara online.

Berbicara mengenai akselerasi dalam program pendidikan. Ada sebuah kota di Jawa Timur yang sudah lebih dulu memiliki visioner yang sama dengan kehebatan pemikiran Bapak Menteri Pendidikan, Bapak Nadiem Makarim.

Program itu bernama English Massive. Sebuah pendidikan non formal dari Pemerintah Kota Kediri yang diperuntukkan bagi warga Kota Kediri untuk belajar bahasa Inggris. Program tersebut dilakukan secara konsisten dari tahun 2016 guna menyiapkan individu-individu yang berkualitas.

Dengan adanya program English Massive, maka generasi muda akan siap menghadapi pergaulan internasional baik itu dalam kepentingan belajar ke luar negeri ataupun dalam dunia bisnis kedepannya.

Banyak sekali manfaat dari program English Massive antara lain yang menjadi harapan Bapak Menteri Pendidikan, Bapak Nadiem Makarim. Yaitu generasi Indonesia akan merdeka untuk meluncurkan mimpi, merealisasikan talenta dan passion.

English Massive berdiri untuk mentransformasi individu-individu untuk meraih mimpi. Karena selain fokus pada pembelajaran bahasa Inggris program English Massive juga mengarahkan kemampuan pesertanya kearah yang kreatif dan inovatif.

Kemampuan dalam bidang seni yang dikolaborasikan dengan bahasa Inggris mampu menjadi pertunjukan seni yang layak untuk ditampilkan di panggung dunia. Hal itu selaras dengan harapan Bapak Menteri Pendidikan, Bapak Nadiem Makarim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x