Mohon tunggu...
Intan Laili Zakiyah
Intan Laili Zakiyah Mohon Tunggu... Penulis

Investasi terbaik adalah ilmu

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Peran Pemerintah Kota Kediri Melalui Program E-Mas dalam Mewujudkan Indonesia Maju

13 Januari 2021   18:44 Diperbarui: 13 Januari 2021   18:50 355 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Pemerintah Kota Kediri Melalui Program E-Mas dalam Mewujudkan Indonesia Maju
Sumber: Dokumentasi Instagram @englishmassive

Investasi yang tidak akan pernah mengalami kerugian adalah investasi ilmu. Hal itulah yang mendorong Pemerintah Kota Kediri dan didukung penuh oleh Bapak Walikota Kota Kediri dan Bapak direktur E-Mas, Chevy Ning Suyudi, ST, MT untuk mencetuskan sebuah program untuk kemajuan masyarakat Kota Kediri yang akan menjadi bagian dalam cerita Indonesia Maju.

E-Mas (English Massive) merupakan program pendidikan non formal yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat Kota Kediri akan pentingnya menuntut ilmu Bahasa Inggris. Melalui program E-Mas, masyarakat Kota Kediri disiapkan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan Dunia Kerja.

Di era 21st Century, tidak bisa dipungkiri bahwa Bahasa Inggris adalah sebuah senjata yang harus dimiliki untuk bisa bersaing dalam MEA dan dunia kerja. Oleh sebab itu, E-Mas membidik tiga kelas dalam pembelajarannya.

Yang pertama kelas “Young Learners” yang diorientasikan untuk membuat anak-anak senang belajar Bahasa Inggris. Sehingga di masa depan mereka sudah memiliki kemampuan yang cukup untuk mendalami Ilmu Bahasa Inggris maupun Sastra Inggris.

Kelas yang kedua adalah kelas “Young Adult” yang dipenuhi oleh pelajar SMP dan SMA sebagai pesertanya. Di kelas ini, materi yang dipelajari di konsep lebih spesifik sehingga diharapkan mereka dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan lancar.

Yang ketiga adalah kelas “Adult” yang dipenuhi oleh bapak-bapak dan ibu-ibu, kakek-kakek dan nenek-nenek dari berbagai profesi dan juga Mahasiswa bisa bergabung dikelas ini. Dikelas “Adult” peserta disiapkan untuk mempromosikan produk dan jasa mereka dengan menggunakan Bahasa Inggris. Mereka di bekali ilmu Bahasa Inggris untuk dapat bersaing di pasar asing dan dunia pekerjaan.

Dari ketiga Kelas tersebut, terdapat 42 Tutor yang tersebar diseluruh area Kota Kediri  dan telah dibimbing oleh ahli yang handal yang merupakan lulusan dari University College London, Ibu Entusiastik yang telah berhasil menciptakan kurikulum untuk pendidikan English Massive.

English Massive bukanlah program yang dapat dipandang sebelah mata. Konotasi yang pas untuk menggambarkan program pendidikan non formal dari Pemerintah Kota Kediri adalah “gratis untuk mengejar prestasi”. Ini terbukti dengan jumlah partisipan yang pernah mencapai 4.000 partisipan.

Dan saat ini, English Massive menjadi komunitas terbesar yang menjadi sorotan di Kota Kediri karena secara konsisten melayani dengan hati yang tulus dan selalu berinovasi dalam menyajikan pembelajarannya. 

Tidak hanya memberikan pembelajaran yang inovatif tapi juga mengadakan perlombaan yang kompetitif setiap tahunnya untuk menjadi ajang unjuk nama spot secara sportif melalui lomba “Coin E-Mas dan English Morning Show” yang mempertemukan semua peserta E-Mas dari Kota Kediri dan dari semua kelas yang ada untuk bersaing dan unjuk kemampuan Bahasa Inggris dalam perlombaan.

Sehingga kedepannya mereka lebih bersemangat untuk Belajar Bahasa Inggris dan siap untuk meraih banyak prestasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN