Mohon tunggu...
Intan Faizatul Wida
Intan Faizatul Wida Mohon Tunggu... Law College Student, Content Writer

Teruslah berjuang walaupun itu mustahil

Selanjutnya

Tutup

Finansial

6 Ide Penghasilan Tambahan bagi Mahasiswa

3 Mei 2021   12:30 Diperbarui: 3 Mei 2021   12:41 76 3 0 Mohon Tunggu...

Mengatur keuangan merupakan hal yang tidak mudah dilakukan oleh sebagian orang khususnya mahasiswa. Bagaimana tidak, seiring berjalannya waktu kebutuhan pun semakin bertambah, baik kebutuhan primer maupun sekunder. Di sisi lain, muncul rasa segan untuk meminta uang kepada orang tua. Oleh karena itu, memiliki penghasilan tambahan menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mahasiswa dalam manajemen keuangannya. Selain melatih untuk lebih mandiri dalam finansial, dengan memiliki penghasilan secara mandiri juga dapat turut meringankan pengeluaran orang tua dan dapat membanggakan orang tua.

Untuk memiliki penghasilan tambahan bagi mahasiswa merupakan hal yang sulit dilakukan jika kamu tidak memiliki niat dan tidak mau mencobanya. Ada beberapa ide penghasilan tambahan yang cocok untuk mahasiswa tanpa mengganggu aktivitas kuliahnya. Berikut 5 ide penghasilan tambahan untuk mahasiswa yang bisa kamu coba.

  • Reseller Online Shop

Menjadi reseller online shop merupakan salah satu kegiatan yang banyak digandrungi oleh kalangan mahasiswa. Selain sistem nya yang mudah diakses karena berbasis digital, kamu juga akan mendapatkan komisi dari barang yang telah kamu jual. Kamu cukup mempromosikan bisnis tersebut secara tekun dan kreatif  sehingga memudahkan untuk menarik konsumen, dan setiap barang yang terjual akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan. Komisi tersebut bisa menjadi uang saku tambahan loh, bisa dipakai untuk kamu yang hobi nongkrong bersama teman-teman, membeli kebutuhan, ataupun untuk ditabung.

Setiap kegiatan pasti memiliki kendalanya masing-masing. Oleh karena itu, kamu juga harus bisa membagi waktu antara kuliah dan bisnis agar proses kuliah mu tidak terhambat.

  • Freelancer

Apakah kamu memilki skill atau keahlian dalam suatu bidang? Menjadi freelancer bisa menjadi salah satu ide yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sebagai mahasiswa, kamu bisa menawarkan jasa dalam beberapa bidang sepert design, programmer, atau mengajar les. Waktu dan tempat pun kondisional sesuai kesepakatan, asalkan tidak mengganggu aktivitas kuliah.                                                                                 

  • Content Writer

Sebagai mahasiswa pasti sudah tidak asing dengan dunia tulis menulis. Mahasiswa dituntut untuk dapat menyampaikan ide dan gagasan yang dituangkan melalui lisan ataupun tulisan. Tugas-tugas yang dibebankan dosen kepada mahasiswa pun tak luput dari aspek tulisan. Oleh karena itu, kemampuan menulis sangat penting bagi mahasiswa yang mana untuk menunjang proses perkuliahan, dari mulai membuat makalah, jurnal, paper, hingga skripsi.

Bagi kamu yang menyukai dunia menulis, kamu bisa menyalurkan hobi tersebut sebagai content writer  website. Jika website tersebut telah terdaftar adsense maka kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa kamu tabung ataupun untuk sekedar ngopi.

  • Mengikuti Perlombaan

Selain berkecimpung dalam dunia akademik di kelas, sebagian mahasiswa juga kerap aktif dalam berbagai perlombaan. Saat ini, perlombaan yang melibatkan mahasiswa bermacam-macam dari mulai debat, karya tulis ilmiah, seni, olahraga, dan masih banyak lagi. Selain sebagai momen untuk menambah pengalaman, mengasah skill, dan mencetak prestasi, perlombaan juga kerap menyediakan hadiah yang menarik salah satunya uang saku sebagai nilai tambah dan apresiasi atas prestasi dalam perlombaan tersebut.

Namun, jangan jadikan hadiah sebagai patokan partisipasi kamu dalam perlomban ya. Karena, esensi dari suatu lomba adalah pengalaman berharga yang mungkin sulit kamu dapatkan, dan hadiah menjadi nilai plus atas usaha yang telah kamu lakukan untuk menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut.

  • Beasiswa

Mendapatkan beasiswa merupakan dambaan bagi sebagian besar mahasiswa. Bagaimana tidak, dengan beasiswa kamu akan mendapatkan tambahan uang saku untuk sekedar jajan, atau bahkan untuk membayar uang kuliah. Saat ini, beasiswa yang diperuntukkan mahasiswa beragam dari mulai beasiswa prestasi, kurang mampu, dan beasiswa secara umum dengan berbagai lembaga atau perusahaan yang mengadakannya. Namun, untuk mendapatkan beasiswa perlu memilki effort yang besar mengingat banyaknya mahasiswa yang berbondong-bondong untuk mendaftar.

Selain itu, beberapa beasiswa juga mengajukan berbagai persyaratan seperti prestasi lomba, nilai IP yang bagus, ataupun membuat essay. Beberapa program beasiswa juga mengajukan syarat khusus dan ketentuan lainnya yang mesti disepakati oleh calon-calon awardee beasiswa. Oleh karena itu, bagi kamu pejuang beasiswa harus bersungguh-sungguh, siapkan persyaratan dengan matang, dan jangan mudah menyerah.

  • Admin Media Sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN