Mohon tunggu...
Itsintandanlaila
Itsintandanlaila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Intan dan Laila Mahasiswi Semester 5 Program Studi Ekonomi Pembangunan

Belajar tentang dunia Digital Ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengenal Istilah Dari Owning To Sharing Economy

18 Januari 2022   01:22 Diperbarui: 18 Januari 2022   01:33 387 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hello fellas ekonom!!!! 

Yuk mari sama-sama kita cari tau apa sih itu istilah "Dari Owning To Sharing Economy"?

Jadi, di dalam dunia bisnis pada era digital seperti saat ini, sharing economy sebenarnya seringkali diartikan ke dalam suatu aktivitas yang berbasis peer to peer atau biasa disebut dengan( P2P). Tujuan utama dari P2P ini sendiri adalah agar perusahaan bisa membagikan akses suatu produk yang di fasilitasi oleh platform digital dengan dasar komunitas. Sehingga akan bermanfaat untuk meningkatkan semangat dalam melakukan berbagai tindakan efisiensi secara konsumtif dengan bersamaan dan meminimalisir adanya resiko buruk yang bisa berdampak pada lingkungan karena adanya konsumsi yang tidak bisa dikendalikan.

Perkembangan sharing economy sendiri terjadi sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir. Hasilnya bisa kita lihat sendiri dari hadirnya berbagai jenis transaksi online maupun digital. Bahkan saat ini sharing economy juga sudah mengacu pada interaksi business atau B2B. Adapun Co-working Platform yang menyediakan ruang terbuka bersama untuk sharing economy ini diantaranya seperti Freelance, Pebisnis, dan Karyawan yang melakukan pekerjaanya dirumah.


Lalu apa sih pengertian "Dari Owning To Sharing"?

Menurut arti dari bahasanya, Owning berarti (kepemilikan) sedangkan Sharing berarti (Saling Berbagi). konsep (Owning) ialah memiliki usaha sendiri atau perorangan serta dikelola secara mandiri, sehingga segala sesuatu yang terjadi ditanggung dan dirasakan sendiri, seperti untung dan rugi ataupun investasi. Sedangkan, konsep (Sharing) merupakan usaha bersama dalam bentuk kolaborasi. Konsep (Owning) sendiri merupakan konsep usaha yang lama, jadi apabila konsep (Owning) beralih ke konsep (Sharing) dalam arti lingkup usahanya masih sama dan tidak berganti justru akan mendapatkan manfaat yang lebih baik.

3 Konsep Utama Sharing Economy  agar memiliki tingkat kepercayaan dan reputasi tinggi yakni mempunyai legalitas dan juga transparansi selain itu yang paling penting adalah Real Sharing, Gift Sharing dan Pseudo Sharing.

Real sharing adalah suatu konsep bagi platform untuk bisa memberikan berbagai kemudahan pada setiap penggunanya untuk bisa memberikan kontribusi dan juga membagikan pengetahuan secara sukarela.

Gift sharing adalah suatu konsep yang dibutuhkan untuk bisa membagikan produk ataupun layanan agar nantinya orang lain bisa membalasnya di masa depan. 

Pseudo sharing adalah suatu metode yang sangat sesuai untuk bisa merangkum sharing economy yang saat ini tengah terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan