Pandemi Covid-19 sudah terjadi hampir dua tahun belakangan ini, sebagai pendidik anak usia dini kita harus siap untuk membuat strategi pembelajaran kepada anak dirumah agar mereka tetap mendapatkan stimulasi pada semua aspek perkembangannya.Â
Seperti yang kita ketahui, saat ini memang sudah mulai diberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada lembaga pendidikan salah satunya yaitu PAUD.Â
Untuk mempersiapkan pembelajaran di dunia global yang semakin pesat ini, pendidik diwajibkan agar memiliki kompetensi khusus dalam membuat kegiatan yang kreatif dan inovati supaya suasana belajar menjadi menyenangkan, efektif dan efisien dapat terlaksana dengan baik.
Program Pengabdian pada Masyarakat (P2M) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kembali menyelenggarakan Seminar Nasional dengan mengangkat tema "Implementasi Pembelajaran Kontekstual Melalui Penggunaan Media Digital".Â
Seminar Nasional ini diselenggarakan selama dua hari yaitu Hari Jumat dan Sabtu pada tanggal 15-16 Oktober 2021 dimulai pukul 08-00 -- 12.00. Seminar ini terselenggara dengan sukses yang dihadiri oleh peserta seminar sebanyak 270 peserta dari seluruh penjuru Indonesia mulai dari Aceh, Lampung, Semarang, NTT, sampai Flores.
Pada hari Jumat (15/10/2021) sesi 1 dengan judul "Pembelajaran Pendekatan Kontekstual Permainan Monopoli" oleh Dra. Yasmin Faradiba, M. Pd berisi tentang bagaimana cara merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar pembelajaran menjadi bermakna. Salah satunya ialah dengan pembelajaran pendekatan kontekstual melalui permainan monopoli.
"Pemahaman yang diperoleh peserta didik bisa bertahan lebih lama karena memahami dengan penerapan. Misalnya guru menjelaskan bunga yang layu lalu ada penerapan cara perawatan bunga dengan memberikan pupuk, menyiram bunga.Â