Mohon tunggu...
Intan Belliana putri Sinay
Intan Belliana putri Sinay Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Presiden

enjoy your life

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jessica Mariana, Gadis Pencinta Berorganisasi

27 Oktober 2021   17:31 Diperbarui: 27 Oktober 2021   17:33 39 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jessica mariana atau biasa di panggil jessie, lahir pada tanggal 13 Maret 2002 di jakarta. Gadis asal Tanggerang ini merupakan anak ke 3 dari 4 bersaudara dari pasangan Sumardi Siringo-ringo dan Renta Butar-butar. Sekarang jessi sedang melanjutkan pendidikannya di Universitas Presiden jurusan Ilmu Komunikasi.

Sejak kecil, Gadis kelahiran 2002 ini sudah sering menghabiskan waktunya untuk mengikuti kegiatan pramuka. "aku suka kegiatan yang berhubungan dengan alam, dapat banyak temen, dan juga suka ikut berorganisasi itu alasan kenapa aku ikut pramuka " ujarnya dia. Tidak hanya kegiatan pramuka, ia juga menghabiskan waktunya untuk melakukan hobbynya yaitu berenang , bermain, marching band dan alat musik seperti piano dan gitar.

Karena dari kecil sudah menyukai hal -- hal yang berhubungan dengan organisasi, ketika menginjak bangku SMA, bisa di bilang ia menjadi sosok anak yang aktif. Alumni SMAN 12 kota Tangerang ini mengikuti beberapa organisasi dan ekstrakurikuler seperti PMR, Dance, dan Choir. Selain itu karena Jessi mempunya skill make up, Ia sering di minta untuk mendandanin team dance ketika mengikuti suatu perlombaan, dan juga mendandani anak-anak sekolah yang sedang membuat Project. Tidak hanya itu, Jessi pun pernah menjadi perwakilan sekolahnya di ajang Olimpiade " National Science Olympiad " tingkat kota.

Tidak hanya aktif mengikuti organisasi di lingkungan sekolahnya, Ternyata gadis kelahiran Jakarta ini juga aktif ikut organisasi keagamaan di gerejanya seperti Youth Commission Church, Youth Red Cross High School, dan Christian Student Fellowship. Hampir semua kegiatan yang di ikuti berhubungan dengan Youth atau yang biasa dikenal dengan pemuda pemudi.

Setelah lulus dari SMAN 12 kota Tangerang, ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Presiden dengan jurusan Komunikasi. Dan konsentrasi yang ia pilih adalah Public Relation. ketika di tanya alas an mengapa ia memilih Public Relation, jawabnya "aku suka berbicara didepan umum ataupu secara individu gitu, teruss mau bangun bisnis sendiri, bikin konten yang menarik dan juga pengen kerja di perusahaan besar sebagai Public Relation ".

Seperti yang kita ketahui bahwa dunia perkuliahan itu cukup melelahkan di karenakan tugas dan project. Sehingga, terkadang sebagian besar mahasiswa menghindari kegiatan kampus ataupun di luar kampus karena menurut para mahasiswa kegiatan seperti itu cukup menguras tenaga. Tapi siapa sangka sosok Jessica lebih memilih menghabiskan waktunya untuk mencari pengalaman dan membangun skill yang ia punya seperti  dari kegiatan didalam maupun diluar kampus.

Tepat pada bulan Maret 2021, Jessi pernah mengikuti konferensi Internation Istanbul Youth Summit yang di adakan di Turki. Tujuan dari konferensi ini di adakan untuk meningkatkan dan membangun karakter kepemimpinan para pemuda. Di dalam konferensi ada beberapa team yang bertujuan untuk berdiskusi dan saling berbagi pendapat kepada satu sama lain, dari hasil diskusi team tersebut akan di presentasikan kepada seluruh peserta yang ada. Gadis berdarah Indonesia ini menjadi perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusiannya dengan teamnya.

Tidak hanya itu, Jessi pun pernah mengikuti pengabdian masyarakat yang di selenggarakan oleh Reswara Indonesia. Pengabdian tersebut di adakan di desa meat, sumatera utara. Pengabdian ini berlangsung selama hampir satu pekan, yakni 19-23 September 2021. Di dalam pengabdian ini jessi berada dalam team Pendidikan yang dimana jessie mengajar membaca, menulis, berhitung, dan membagikan pengetahuan umum kepada penduduk desa meat di sumatera.

Tidak hanya itu, gadis kelahiran tanggerang ini juga merupakan founder dan Ceo suatu organisasi sosial yang di kenal dengan Sepia.id. Organisasi ini di bangun oleh teman -- teman Jessie yang berada 1 team dengan jessie di acara konferensi Internation Istanbul Youth Summit di Turki.  Organisasi ini dibentuk dengan tujuan berbagi ilmu kepada kalangan anak muda. Sepia.id sudah berjalan dari Maret 2021. Di organisasi ini baru saja membuat beberapa webinar tentang kewirausahaan, cara mempertahankan bisnis di tengah pandemic, dan juga membicarakan tentang beasiswa di dalam maupun di luar negeri.

Selain mengikuti banyak kegiatan, ternyata gadis asal tanggerang ini juga mengikuti khursus di LBB LIA English COURSE INTERMEDIAT pada tahun 2019 dan UNICEF Online Child Safeguarding Training pada tahun 2021. Tidak hanya khursus, jessie pun mengikuti training dari suatu webinar, yaitu Imconnect and Ngampooz yang di jalankan dari oktober sampai November 2020.

Dari semua kegiatan dan prestasi yang ia kejar. Pasti banyak yang berfikir bahwa sosok jessie pasti akan meninggalkan ataupun melupakan kegiatan perkuliahannya karena terlalu sibuk dengan kegiatan yang ia ikuti. Namun siapa sangka anak dari kedua pasangan Sumardi Siringo-ringo dan Renta Butar-butar dapat mengatur waktunya dengan baik, sehingga ia dapat menjalankan sistem pembelajarannya dengan baik dan meraih IPK yang cukup memuaskan selama masa pendidikannya.

Informasi kontak :
Email : jscmrn013@gmail.com
Instagram : jscmrn

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan