Mohon tunggu...
Intan Aries
Intan Aries Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Motivasi Mengikuti E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) Angkatan 2 Tahun 2017

23 Oktober 2017   22:31 Diperbarui: 23 Oktober 2017   23:13 436
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Assalamu'alaikum wr.wb

Sebelum saya menjelaskan motivasi saya mengikuti E-Training DOGMIT Angkatan 2 tahun 2017 ini, saya sedikit menjabarkan mengenai guru. Guru adalah sebuah profesi yang mulia karena di tangan merekalah masa depan bangsa ini ditentukan. Guru juga dianggap sebagai pahlawan pembangunan, karena di tangan mereka akan lahir pahlawan-pahlawan pembangunan yang kelak mengisi ruang-ruang publik di negeri ini. Guru yang ideal, bukan sekedar guru yang memenuhi syarat-syarat teknik, seperti pintar, pandai, atau pakar di bidang ilmu yang dimiliki, melainkan yang jauh lebih penting dari itu semua, guru harus bisa menempatkan dirinya sebagai "agent of change".

Guru juga harus mempunyai sikap profesionalsime, yang berarti siap tampil di depan publik. Ada yang mengatakan bahwa Profesional adalah suatu bidang pekerjaan yang memerlukan beberapa bidang ilmu yang secara sengaja harus dipelajari dan kemudian diaplikasikan bagi kepentingan umum. Dengan kata lain sebuah profesi memerlukan kemampuan dan keahlian khusus dalam melaksanakan profesinya. Pekerjaan yang bersifat profesional adalah pekerjaan yang hanya dapat dilakukan oleh mereka yang khusus dipersiapkan untuk itu.

Keprofesionalan guru perlu dikembangkan secara berkelanjutan, salah satu yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri adalah dengan berusaha memanfaatkan TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi ) yang berkembang sangat cepat. Dengan begitu, perkembangan ilmu teknologi terutama di bidang IT, perlu ditingkatkan lagi untuk mengimbangi dengan pesatnya teknologi saat ini.

Dalam kesempatan ini, saya menulis mengenai motivasi saya dalam mengikuti E-Training Guru Melek IT ( DOGMIT ) yang diselenggrakan oleh Bapak Sukani selaku Founder E-Training Guru Melek IT. Informasi tentang E-Training ini saya dapat dari peserta DOGMIT sebelumnya (Angkatan 4) Bapak Wasro. Saya tertarik mengikuti E-Training ini karena banyak materi baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Mulai dari pembelajaran menggunakan media berbasis IT sampai membuat kelas atau forum kelas menggunakan media pembelajaran yang baru dan menarik.

Saya baru pertama kali mengikuti E-Training dari Bapak Sukani. Kesan pertama yang saya terima, sangat memuaskan. Materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan saya sebagai guru yang menggunakan bahan dasar IT. Ilmu yang diberikan berupa tutorial dan handout serta tugas agar materi yang diberikan bisa langsung dipraktikkan oleh saya. Selama hampir 1 minggu saya mengikuti E-Training ini, banyak pembelajaran yang saya dapat, salah satunya membuat kelas menggunakan media Plickers. Mengikuti E-Training ini dapat langsung dibimbing oleh Trainer Nasional Bapak Sukani ( The Winner Guru Era Baru Indonesia Tahun 2013 ) dan bisa diskusi dengan peserta lain lewat forum yang telah disediakan.

DOGMIT sudah sesuai dengan kondisi saya yang setiap hari waktunya habis untuk tugas-tugas rutin sebagai guru, sedangkan DOGMIT  ini memberikan  waktu 24 jam untuk bisa mengaksesnya. Jadi DOGMIT adalah "SOLUSI" bagi saya yang ingin berkembang, tetapi waktunya habis ditempat tugasnya. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dalam mengikuti Diklat Online Guru Melek IT  bimbingan Pak Sukani. Bertambahnya pengetahuan dan keterampilan yang kerkaitan langsung dengan tugas sebagai guru. 

Rasanya seru, mengasyikan dan lebih percaya diri berada di dalam kelas dengan memiliki pengetahuan dan ketrampilan dari hasil pelatihan DOGMIT. Hal ini terlihat peserta didik merasa lebih senang dan bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, jika guru memiliki kemampuan plus dibidang IT yang diterapkan langsung pada saat pembelajaran. Dengan mengikuti E-Training ini saya bisa sharing dengan guru-guru lain mengenai pembelajaran atau materi yang berlatar belakang  IT.

Demikian beberapa alasan saya mengikuti E-Training DOGMIT yang dibimbing oleh Bapak Sukani,  seorang Teacher, Trainer, Narasumber, dan Motivator. Semoga saya bisa mengikutinya sampai selesai dan komptensi saya dalam pengetahuan dan ketrampilan di bidang IT bertambah, dan semoga bermanfaat untuk diri saya sendiri, bagi sekolah, teman-teman guru dan peserta didik tempat saya bertugas.

Terima Kasih Pak Sukani.

Salam sukses untuk para guru di seluruh Tahan Air.

Wassalamu'alaikum, wr.wb

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun