Mohon tunggu...
Intan Widiantika
Intan Widiantika Mohon Tunggu... Lainnya - Math Education of Singaperbangsa University

Mengajar adalah Seni || Do the BEST for be the BEST from the BEST

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

"Math StudyGram" Inovasi Pembelajaran Daring di Saat Covid-19 Melanda

12 Mei 2020   12:27 Diperbarui: 8 Juli 2020   11:15 3456
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertanggal 11 Mei 2020 jumlah pasien positif covid 19 telah mencapai 14.265, sembuh 2.881, dan meninggal 991 di Indonesia (Achmad Yurianto).

Berbagai upaya telah dikerahkan oleh pemerintah, baik pencegahan penularan, pengkarantinaan, hingga penyaluran bantuan bagi warga yang terdampak.

Akan tetapi, dampak dari pandemic saat ini tetaplah sangat terasa bagi setiap kalangan masyarakat. Dampak covid-19 ini bukan hanya sekedar berputar di ekonomi dan kesehatan.

Tetapi dampak ini juga telah meninggalkan permasalahan besar di dunia pendidikan Indonesia.

Kebijakan pemerintahan didalam menegakan social distancing mengakibatkan beberapa perubahan didalam pendidikan. Salah satu kebijakan yang sangat terasa adalah penerapan pembelajaran jarak jauh, yang mana berarti pembelajaran dilakukan secara daring (online).

Mulai dari pembelajaran yang dilakukan via WhatsApp, Google Classroom, hingga website pendidikan seperti PusatIlmuPengetahuan.com

Semenjak pemberlakuannya, kebijakan ini banyak menuai kontra. Baik siswa yang mengelukan pelimpahan tugas yang dinilai sangatlah banyak, orang tua yang kesusahan membimbing anaknya belajar dirumah, hingga guru yang mengeluhkan susahnya beradaptasi dengan teknologi yang ada agar siswa tetap giat mengikuti pembelajaran.

Kontra ini seakan menjadikan pembelajaran daring sebagai pembelajaran yang dinilai sangatlah menyusahkan dan membosankan hingga tidak diminati oleh siswa.

Sejalan dengan hasil observasi terhadap 13 siswa kelas 7 SMP dari beberapa sekolah yang ada di Indonesia, rata-rata tingkat minat belajar matematika mereka selama pembelajaran daring tergolong rendah.

Bahkan, tidak ada satupun dari siswa yang mendapatkan hasil minat belajar matematika yang tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun