Mohon tunggu...
Intan Sagita
Intan Sagita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Intans

Everything gonna be ok

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Menjaga Kesehatan dan Pola Hidup Sehat dengan Olahraga Sepeda di Masa Pandemi

21 Juli 2021   13:54 Diperbarui: 21 Juli 2021   14:57 99 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjaga Kesehatan dan Pola Hidup Sehat dengan Olahraga Sepeda di Masa Pandemi
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Semenjak pandemi Covid-19, banyak dari masyarakat mulai memperhatikan dan meningkatkan kesehatan tubuh mereka. Dimasa pandemi seperti ini, Kesehatan menjadi hal yang sangat berharga. Semua orang berlomba-lomba untuk menjaga kesehatan mulai dari olahraga dan mengkonsumsi vitamin. Olahraga merupakan hal terpenting di masa pandemi agar kesehatan terjaga dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Berolahraga menadi kebiasaan yang baik dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini. Namun karena pandemi banyak tempat olahraga yang harus tutup, sehingga pilihan tempat untuk berolahraga pun menjadi sedikit. Oleh karena itu bersepeda menjadi pilihan terbaik untuk olahraga dan tetap meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Olahraga menggunakan sepeda merupakan salah satu pilihan masyarakat bahkan bersepeda menjadi trend hidup sehat oleh sebagian masyarakat. Bersepeda merupakan olahraga yang aman dan mempunyai banyak manfaat. Sepeda digunakan sebagai salah satu perlengkapan olahraga ringan serta menjadi transportasi yang bisa digunakan untuk mengurangi polusi dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bersepeda juga olahraga yang digemari karena dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan bersepeda juga dapat memperbaiki sirkulasi darah keseluruhan tubuh dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melindungi tubuh dari virus serta bakteri.

Banyaknya masyarakat yang mulai olahraga dengan sepeda menyebabkan beberapa waktu yang lalu harga jual sepeda mengalami kenaikan harga dikarenakan banyaknya permintaan dari konsumen yang melonjak tetapi dengan produksi yang terbatas. Sebelum bersepeda ada baiknya dimulai dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan dan disesuaikan dengan kebutuhan.
Bersepeda dipilih karena banyak yang 

beranggapan bahwa bersepeda memungkinkan penggunanya tidak saling berdekatan satu sama lain. Anggapan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah tentang harus menjaga satu sama lain. Dan adanya aturan pemerintah untuk dirumah aja beberapa dari masyarakat mulai merasa bosan dan memilih bersepeda untuk menghilangkan rasa jenuh bagi sebagian orang.

Tetapi bersepeda juga dapat menjadi malapetaka bagi sebagian orang, dikarenakan banyak terjadi kecelakaan saat bersepeda. Penyebab dari kecelakaannya pun beragam, namun banyak terjadi dikarenakan pesepeda mengabaikan keselamatan dan etika berkendara dijalan raya. Dan berikut beberapa manfaat dari bersepeda:

1.Menguatkan otot
Dengan bersepeda dapat melatih otot diantaranya otot kaki, perut, dan punggung. Karena untuk menjaga tubuh untuk tetap tegak dan seimbng saat mengayuh pedal pada sepeda membutuhkan tenaga yang akan mengencangkan otot kaki, perut, dan punggung.

2.Meningkatkan keseimbangan tubuh
Semakin bertambahnya usia keseimbangan cenderung semakin menurun saat tubuh tidak aktif bergerak. Dengan menjaga sepeda tetap stabil dapat meningkatkan keseimbangan tubuh.

3.Dapat menurukan resiko penyakit jantung dan paru
Bersepeda juga dapat meningkatkan kinerja kardiovaskular karena disaat mengayuh sepeda menciptakan gerakan yang dapat memompa darah keseluruh tubuh dan meningkatkan detak jatung. Sehingga menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh menjadi semakin lancer yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan paru.

4.Meningkakan Kesehatan mental
Bersepeda tidak hanya bermanfaat untuk fisik saja, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Dengan bersepeda dapat mengurangi stress, depresi dan kecemasan. Dikarenakan saat mengayuh sepeda dibutuhkan kefokusan. Hal ini akan meningkatkan daya konsentrasi sehingga dapat mengalihkan pikiran - pikiran yang ada di kepala.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x