Mohon tunggu...
Intan Galingging
Intan Galingging Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - mahasiswa

NAMA:Intan Galingging Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menerapkan Budaya Literasi dengan Menumbuhkan Minat Baca

18 Oktober 2021   20:20 Diperbarui: 18 Oktober 2021   20:30 61 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: beritasatu.com

Menerapkan Budaya Literasi Dengan Menumbuhkan Minat Baca

Oleh:Intan Galingging

Keterampilan membaca merupakan fondasi untuk mempelajari berbagai hal. Kemampuan membaca penting bagi pertumbuhan intelektual peserta didik . karena, melalui membaca peserta didik dapat memiliki pengetahuan dunia yang bermanfaat bagi peserta didik.

Tapi sayangnya, sampai saat ini literasi membaca di Indonesia masih rendah karena semakin berkembangnya zaman peserta didik mulai malas membaca buku karena disebabkan oleh teknologi yang makin canggih. Zaman milenial ini banyak orang maupun peserta didik sudah mulai melupakan membaca buku karena bersosmed menggunakan Android atau alat canggih lainnya dan sibuk melakukan kesenangan sendiri.

Melihat masalah tersebut maka penting dilakukan budaya literasi dengan menumbuhkan minat baca agar kegiatan atau kemampuan membaca banyak diminati masyarakat Indonesia. Karena, dengan membaca seseorang dapat menunjukkan kekreatifitasan nya semakin banyak membaca semakin luas pula pengetahuan yang didapatkan.

Jika manusia kurang pengetahuannya, maka mereka akan dibodohi oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan yang luas sebenarnya membaca buku harus dimulai dari niat seseorang. Apabila seseorang tidak ada atau tidak memiliki niat membaca maka seumur hidup pun seseorang yang tersebut tidak akan pernah membaca.

Rendahnya minat juga disebabkan oleh perkembangan teknologi yang membuat seseorang dengan mudahnya mengakses apapun dari aplikasi informasi tersebut. Contohnya saat ada tugas dari sekolah, kebanyakan peserta didik mencari di internet bukannya di buku. Itulah yang membuat rendahnya minat baca.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca adalah dengan cara:
1. Memberi fasilitas buku yang lengkap
2 .Membuat perpustakaan keliling dari 1 daerah ke daerah lainnya, agar masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dapat membaca buku bacaan.

Selain itu cara ampuh menumbuhkan minat membaca adalah:
1. Menumbuhkan motivasi yaitu dengan cara menumbuhkan minat baca harus dimulai dari diri sendiri.
2. Tanamkan dalam diri kita bahwa dengan membaca pemikiran kita menjadi lebih terbuka atas hal-hal yang belum kita ketahui sebelumnya.

Maka dari itu, saya menyarankan agar kalian rajin membaca buku. Karena dengan membaca buku tidak hanya mendapat pengetahuan tetapi juga membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Siapa yang pengetahuannya banyak maka dialah Pemenang dalam kompetisi. Jadi, Apakah kalian sudah membaca buku hari ini? Kalau sudah tingkatkan lagi, jika belum Mari kita kembangkan pengetahuan kita dengan rajin membaca buku.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan