Mohon tunggu...
Deany Yasir Wirya
Deany Yasir Wirya Mohon Tunggu... Menjadi proaktif

Berasal dari Jakarta. Bekerja sebagai pendidik. Ayah dari tiga orang putri. Sedang belajar menulis. WA :085891152829

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Diklat Daring Guru SD PPPTK PKn IPS Se-Indonesia dan Luar Negeri

30 November 2020   19:31 Diperbarui: 30 November 2020   20:13 217 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Diklat Daring Guru SD PPPTK PKn IPS Se-Indonesia dan Luar Negeri
Sumber Gambar: https://tim.p4tkpknips.education/

Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar meski di tengah pandemi, maka Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewargnegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PPPTK PKn IPS) menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Berbasis Kebutuhan Siswa bagi Guru Sekolah Dasar di seluruh wilayah Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri pada tanggal 18 November 2020 hingga 30 Nevember 2020 secara daring menggunakan aplikasi Cisco Webex dan Zoom.

Para peserta yang diundang untuk mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 20 orang guru. Diantaranya adalah Andi Purnama (SD Islam Cikal Harapan BSD Kota Tangerang Selatan-Banten), Eni Maryati (SDN 12 Sembawa Banyuasin-Sumsel), Hafidz Asari (SDN 004 Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang - Kepulauan Riau), Imroatul Khasanah (SDN 24 Trans Bunut Tubuy Kapuas Hulu-Kalimantan Barat),  Indah Puspita Ningrum (SDN 2 Bruno Kab. Purworejo-Jawa Tengah), Maina Dara Nasution (SDN 02 Bilah Hilir Kab. Labuhan Batu-Sumatera Utara), Muhammad Isnaini (SDN 4 Terara Kab. Lombok Timur-Nusa Tenggara Barat), Nekopely (SDN 1 Marang Kota Palangkaraya-Kalimantan Tengah), Ni Putu Sri Pratiwi (SDN 4 Ketewel Kab. Gianyar-Bali), Nina Tianingsih (SDN No.154/I Talang Aro Kab. Batang Hari-Jambi), Nuryaningsih (SDN Paccinang I Kota Makassar-Sulawesi Selatan), Rina Agustini (SDIT Iqra 1 Kota Bengkulu-Bengkulu), Rudi Prasetyo (SDN Tlumpu Kota Blitar-Jawa Timur), Said Amiruddin (SDN 3 Beureunuen Kab. Pidie-Aceh), Sanuri (SDN Cibalagung 4 Kota Bogor-Jawa Barat), Sri Rejeki (UPT SDN 03 Lunang Kab. Pesisir Selatan-Sumatera Barat), Susana Tenden Lumanauw (SD Inpres Sipatokaan Kab. Minahasa Utara-Sulawesi Utara), Tjik Ani (SDN 1 Pemali Kab. Bangka), Yuliana Rismiyati (SDN Bhaktikarya Kab. Sleman-Yogyakarta), dan perwakilan dari salah satu Sekolah Indonesia Luar Negeri,  Deany Yasir Wirya (Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Malaysia).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala PPPPTK PKn IPS, Dr. H. Subandi, M.M. Dalam kesempatan tersebut, beliau mengatakan bahwa kegiatan ini berbasis kepada kebutuha siswa. Artinya kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan masukan-masukan yang terjadi di lapangan.

Sehingga harapan beliau terhadap peserta setelah mengikuti program ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi, berkreasi, berinovasi dalam proses pembelajaran di dalam kelas., terutama pelajaran IPS dan PKn. 

Sehingga akan sangat berdampak positif terhadap kemajuan hasil belajar siswa di lapangan, serta dapat menlaksanakan pembelajaran PKn dan IPS dengan suasana yang menyenangkan.  

Materi-materi pada pelatihan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan Guru Sekolah Dasar, antara lain adalah Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Orientasi Teknis Pembelajaran,Penguatan Pendidikan Karakter dan Wawasan Kebangsaan, Penguatan Literasi, Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran, Pembelajaran Abad ke-21, Pembelajaran STEAMS Integrated Learning/Tematik, Desain Berpikir Proses (Design Thinking), Penyusunan Desain Pembelajaran, serta Program Tindak Lanjut, yang disampaikan oleh para narasumber dari PPPTK PKnIPS; Dr. H. Subandi, M.M, Reti Veri Anita, S. Kom, M.Cs, Slamet Supriyadi, S. Kom. M.Ed, dan Sumadianto Affandi, S. Pd, M.M.

Acara ditutup oleh Bapak Sumadianto Affandi, S. Pd, M.M selaku Kepala Bagian Tata Usaha PPPPTK PKn IPS. Dalam kesempatan tersebut beliau memberikan materi tentang Rencana Tindak Lanjut pelatihan ini yang terbagi menjadi 3 bagian, yaitu pengimbasan, pengembangan, dan inovasi.  Selain itu, guru juga senantiasa harus meningkatkan 4 kompetensi guru: profesional, pedagogi, sosial, dan kepribadian.  

Nicopely, salah seorang peserta dari Kota Palangkaraya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena menambah wawasan baru. Semoga dapat bermanfaat untuk  siswa dan dapat diterapkan di kelas. 

Selamat mendidik anak-anak bangsa di seluruh Indonesia dan luar negeri.

Bangkitkan semangat, wujudkan merdeka belajar. 

Selamat Hari Guru Nasional 2020.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x