Mohon tunggu...
Deany Yasir Wirya
Deany Yasir Wirya Mohon Tunggu... Menjadi proaktif

Berasal dari Jakarta. Bekerja sebagai pendidik. Ayah dari tiga orang putri. Sedang belajar menulis. WA :085891152829

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bosan Sariawan

11 Maret 2014   16:31 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:03 211 2 5 Mohon Tunggu...

Pagi-pagi pas bangun tidur sudah kedatangan tamu, alhamdulillah. Biasa tamu bulanan yang datang. Eiit, jangan nuduh dulu. Tamunya bukan datang bulan ya. Kalau tamu yang itu , tamunya para wanita. Kalau tamu   yang ini spesial. Tapi tamunya dimana ya?  Kulihat pintu rumah masih terkunci.  Oh iya, kucoba dekati cermin di washtafel sebelum mandi dan gosok gigi tentunya. Wow, kulihat ada luka kecil di dalam mulut dekat bibir bawah. Ya, tamunya sudah datang . Namanya Sariawan. Emmh, tamu yang ini memang spesial. Dia bisa datang kapan saja dan dimana saja. Tempatnya selalu berpindah-pindah. Kadang di bibir, gusi, lidah, dan yang pastinya masih di area mulut.  datangnya pun selalu tiba-tiba, bisa pagi, siang, sore bahkan malam hari. Belum lagi, jika bawa teman. Wah tambah repot nih mulut. Alhamdulillah sariawannya baru 1 hari ini, dia gak bawa teman.

Istriku saja sudah bosan kalau sariawan datang. Apalagi aku? Masalahnya datangnya rutin  hampir sebulan sekali. Dan datangnya tepat di pertengahan bulan. Lengkap deh!  Jadi gak bisa ke dokter untuk ngobatinnya. Nunggu akhir bulan untuk bisa bawa sariawan ke dokter. Tapi, ngapain juga cuma sariawan dibawa ke dokter? Iya sih, ngapain juga ya. Eiit, pengalamanku dulu pernah gara-gara sariawan, aku biarkan eh urusannya panjang banget sampai dibawa ke dokter. Untung, gak dibawa ke kantor polisi. Iya dulu awalnya sariawannya cuma satu, lama-lama bawa teman-temannya dan tambah banyak. Belum lagi sampai ke radang tenggorokan, malas makan dan minum, malas ngomong, dan terakhir kena maagh. Akhirnya gak bisa ngajar! Pengalaman yang tidak terlupakan... So sweet yaa!

Biasanya kalau sariawan masih satu kayak gini, aku usahain minum air putih yang banyak, makan buah-buahan, istirahat yang cukup, makan yang pedas-pedas, dan terakhir minum larutan penyegar yang banyak dijual. Sebenarnya ngaruh gak ya minum larutan penyegar? gak tahu juga deh, mungkin sugesti kali ya. Kalau sariawannya gak pergi-pergi, biasanya  dibiarin aja, nanti juga sembuh sendiri  setelah 3-7 hari. itu juga kalau lagi bisa nahan.  Ada gak sih obat sariawan yang ampuh? Yang sekali minum , gak lama kemudian sariawannya langsung pergi dan tubuh kembali segar. Kaya di iklan-iklan.

Nah yang ini harus diingat, kalau gak sembuh-sembuh juga, jangan lupa berdoa sama Allah, mudah-mudahan diberi kesembuhan.  Amiin.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x