Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer Peduli Edukasi.

Kami mendukung taman baca di Soa NTT dan Boyolali. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. Untuk donasi naskah, buku, dan dana silakan hubungi: donasibukuina@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Raket Artikel Utama

Ternyata Ada Peran Para Pelatih Indonesia dalam Majunya Bulu Tangkis India

15 Mei 2022   05:26 Diperbarui: 15 Mei 2022   22:58 8366 29 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peran para pelatih asal Indonesia dalam majunya bulu tangkis India. Dalam foto, Mulyo Handoyo pada 2017 - Kompas.com/Kristianto Purnomo

Bulu tangkis putra India akhir-akhir ini semakin maju. India memang serius membina para atletnya, antara lain dengan merekrut pelatih asing. 

Salah satu pelatih asing yang kemudian membantu India melangkah ke final pertama Thomas Cup adalah Mathias Boe asal Denmark. Selain Boe, ternyata ada peran pelatih Indonesia di balik kemajuan bulu tangkis India, terutama sektor ganda putra. 

Flandy Limpele pernah melatih ganda putra andalan India, Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty. Keduanya saat ini berada pada peringkat kedelapan dunia. 

Pelatih Indonesia yang pernah melatih tim bulu tangkis India

Sebelum kedatangan Flandy Limpele pada Maret 2019, pelatih asal Indonesia lainnya yakni Mulyo Handoyo pernah melatih tim bulu tangkis India. 

Mulyo Handoyo dipandang berhasil memajukan kualitas permainan tiga pemain tunggal putra India: Srikanth Kidambi, Sai Praneeth, dan HS Prannoy. Pelatih hebat ini pernah membimbing Taufik Hidayat, bintang tunggal putra Indonesia. 

Sayang, Mulyo Handoyo pada 2018 pergi dari India sebelum kontraknya usai. Rupanya memang tidak sederhana melatih para pemain India. Setelah era Mulyo, datanglah Flandy Limpele pada Maret 2019. 

Flandy Limpele saat masih bermain pada 2015 - badmintonindonesia.org
Flandy Limpele saat masih bermain pada 2015 - badmintonindonesia.org

Limpele sukses memoles ganda putra andalan India saat ini, Rankireddy/Shetty. Keduanya pernah menundukkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dalam langkah menuju final French Open 2019. Di final, Rankireddy/Shetty kalah dari Kevin/Gideon.

Flandly Limpele kemudian hijrah ke Malaysia. Kini Limpele kembali ke Pelatnas Cipayung sebagai pelatih ganda campuran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan