Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

7 Langkah Jitu Selamatkan Diri saat Terjebak dalam Mobil Tenggelam

29 November 2021   06:00 Diperbarui: 29 November 2021   06:07 235 16 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
7 Langkah Jitu Selamatkan Diri saat Mobil Tenggelam - (Kompas Otomotif)  

Kecelakaan tentu tidak kita harapkan. Akan tetapi, saat terjadi, kita wajib tahu apa yang seharusnya dilakukan. Termasuk saat mobil tenggelam.

Bagaimana cara menyelamatkan diri saat mobil tenggelam? Kiat ini saya pelajari dari sebuah video singkat yang viral dan saya perdalam dengan membaca referensi. Artinya, ini bukan nasihat sahih dari ahli keselamatan berkendara. Sekadar berbagi saja.

Inilah tujuh langkah jitu selamatkan diri saat mobil tenggelam:

Pertama, jangan panik

Terlalu mudah menasihati orang untuk jangan panik, tetapi memang demikian aturan saat bencana dan kecelakaan terjadi. Kita mungkin punya waktu hanya beberapa menit saja untuk menyelamatkan diri saat mobil masuk sungai atau danau. 

Dalam sebuah  simulasi, dengan kondisi mobil jendela semua tertutup, mobil sedan modern tenggelam dalam waktu empat menit. Dengan kondisi jendela mobil terbuka, mobil sedan modern tenggelam kurang dari dua menit. Ini tergantung kondisi arus air dan beban mobil juga.

Segera berpikir dan bertindak cepat alih-alih panik.

Kedua, jangan menelepon saat masih terjebak di dalam mobil

Saat masih dalam situasi di dalam mobil terjebak, jangan menelepon. Prioritaskan Anda keluar dengan selamat dahulu. Jika sudah aman, barulah menelepon. 

Selain itu, tangan Anda dan ponsel Anda kemungkinan basah sehingga mengurangi sensitivitas ketika mengoperasikan layar ponsel. Nyaris sia-sia meminta tolong orang lain lewat telepon. Waktu terlalu singkat sebelum mobil Anda tengggelam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan