Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. Artikel di akun ini semoga kelak dapat dibukukan. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. https://linktr.ee/inspirasiana * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Bila Tiada Kendali Diri

20 April 2021   07:20 Diperbarui: 20 April 2021   07:22 102 19 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bila Tiada Kendali Diri
Gambar: Pixabay.com

Entah berapa kali sudah terjadi. Tertipu oleh apa yang dilihat mata ini. Hingga amarah menguasai. Menyebarkan ke media sosial sebagai solusi. Sesungguhnya apa yang terjadi masih belum memahami. 

Apa yang dilihat belum tentu itu kebenaran sesuai dengan yang dipahami. Mengapa tidak menahan diri? Meledak mengungkapkan emosi. Hingga tidak membuat malu sendiri. 

Mengikuti nafsu amarah pasti akan merugi. Bukan hanya menyakiti orang lain, tetapi nurani. Penyesalan tiada arti, sebab sudah ada yang dilukai. Perih menyayat hati. 

Memahami semua ini. Sejatinya sepanjang hidup wajib melatih mengendalikan diri. Agar  tidak jatuh dalam penyelesalan demi penyesalan sepanjang hidup ini. 

@refleksihati 18 April 2021 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x