Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. Artikel di akun ini semoga kelak dapat dibukukan. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. https://linktr.ee/inspirasiana * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Meningkatkan Imun Tubuh dengan "Oukup," Mandi Uap Ala Karo

21 Maret 2021   07:00 Diperbarui: 21 Maret 2021   07:01 256 20 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meningkatkan Imun Tubuh dengan "Oukup," Mandi Uap Ala Karo
Rempah-rempah Oukup (Dokpri)

Oukup, meski secara leksikal tidak terlalu jelas asal-usulnya, tapi mirip dengan kata moukup, yang artinya gerah. Dalam kelas kata sifat "gerah" bermakna kurang baik, terkait cuaca yang panas.

Namun, tidak demikian halnya dengan oukup, yang merupakan bentuk penyingkatan dari kata "ioukup", atau di-oukup. Dalam kelas kata kerja, oukup bisa diartikan sebagai mandi uap.

Ini bukan sembarang mandi uap, oukup adalah mandi uap dengan ramuan rempah-rempah yang berkhasiat untuk kesehatan. Mandi uap dengan oukup benar-benar membuat gerah, moukup, mencucurkan keringat.

Pada dasarnya, oukup sebenarnya adalah salah satu kebiasaan dari orang Karo yang ditujukan bagi ibu-ibu yang baru melahirkan. Ramuan herbal obat-obatan tradisional Karo itu berkhasiat untuk mengembalikan stamina atau daya tahan tubuh. Dalam bahasa Karo disebut "petuai daging."

Sekilas, makna frasa ini mirip dengan meningkatkan imun tubuh. Pada masa-masa awal pandemi, banyak orang yang menyarankan untuk berjemur di bawah paparan matahari pagi, untuk membantu meningkatkan imun tubuh.

Menghubungkan dengan kenyataan ini, maka taksalah kiranya, oukup dijalani sebagai salah satu praktik kesehatan dalam rangka menjaga kesehatan dan meningkatkan imun atau daya tahan tubuh. Ini pun adalah salah satu bentuk self reward ala kearifan lokal Karo.

Bahan-bahan Membuat Oukup
1. Rempah ratus

Sesuai namanya, rempah ratus dimaksud sebagai kumpulan ratusan rempah. Walaupun mungkin tidak sepenuh sampai 100 jenis, penamaan itu dimaksudkan untuk menyatakan bahwa ramuan ini terdiri dari banyak sekali jenis rempah-rempah. Untuk satu kuali oukup cukup 1 bungkus rempah ratus.

Rempah Ratus (Dokpri)
Rempah Ratus (Dokpri)
2. Daun sirih

Sudah umum diketahui bahwa daun sirih memiliki banyak khasiat. Bahkan, pada masa pandemi ini banyak pula orang yang membuat handsanitizer dari bahan daun sirih. Banyaknya cukup lima helai daun.

3. Buah dan daun jeruk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x