Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Jangan Makan Buah Ini di Hotel, Nanti Kena Denda!

2 Maret 2021   11:30 Diperbarui: 2 Maret 2021   16:04 547 33 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jangan Makan Buah Ini di Hotel, Nanti Kena Denda!
Ilustrasi kena denda saat check-out hotel (TribunTravel.com)

Orang yang kerap bepergian dengan pesawat atau check-in di hotel pasti paham barang apa saja yang tidak diperbolehkan masuk. Salah satu buah terlarang masuk area hotel adalah durian. Aroma yang menggiurkan bagi durian lover, sengitnya bagai lebah mencium putik sari.

Beberapa tahun menetap di kota-kota di Kalimantan,  memberikan kesan tersendiri bagi saya, terutama kuliner serta buah-buahan lokal. Pasar durian di ujung  Jalan Teuku Umar, Pontianak sungguh menggoda pengendara mobil. Karena jalan satu arah ke kanan, setiap pengendara harus melalui tempat para pedagang durian di situ.

Penjual melengkapi dengan kursi-kursi layaknya kafe di tepi jalan. Setiap pukul 17:00, mereka siap menggelar durian. Ratusan durian digantung, sebagian berserakan di meja.

Hanya berjalan kaki 5 menit dari pusat jalan Teuku Umar, sudah bisa menikmati durian. Siapa tak tergoda setiap kali menuju coffee street pasti akan melewatinya, bisa makan di tempat ataupun take away.

Pasar durian itu cukup  dekat dengan Hotel Golden Tulip, tempat di mana saya bekerja dulu. Tak heran, banyak tamu hotel selalu pergi ke tempat itu malam harinya. Di musim panen durian, pasar durian selalu padat dipenuhi buah durian yang baru dipetik langsung dibawa bertruk-truk ke pasar itu.

Pesta durian

Suatu ketika, di hotel berlangsung seminar nasional. Para peserta berdatangan dari penjuru kota. Tentu saja daya tarik durian menggiurkan peserta seminar, yang menjadi pekerjaan tambahan panitia seminar untuk mentraktir makan durian.

Buah durian (sumber foto: dokpri)
Buah durian (sumber foto: dokpri)

Akhirnya tercapailah keinginan panitia mengadakan pesta durian di malam terakhir pertemuan mereka. Acara diadakan di tempat terbuka bersebelahan dengan gedung hotel. 

Jadilah area parkir yang luas itu menjadi tempat pesta durian. Meja dan kursi ditata sedemikian rupa, ala kafe tepi jalan. Satu pick up ukuran sedang dengan membawa durian tiba, mereka siap berpesta.

Setiap orang makan sepuasnya. Dimakan, tidak dimakan dibayar seharga pesanan. Syukurlah bau durian tidak tercium dari lobi hotel sebab jaraknya cukup jauh dari area parkir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan