Mohon tunggu...
Insan kamil
Insan kamil Mohon Tunggu... Pelajar

Penulis muda

Selanjutnya

Tutup

Digital

Semakin Cepat dengan Jaringan 5G

15 Januari 2020   15:54 Diperbarui: 18 Januari 2020   09:26 39 1 0 Mohon Tunggu...
Semakin Cepat dengan Jaringan 5G
mengenal-teknologi-5g-5e226c9d097f3608d672db72.png

Sekarang kita telah memasuki abad ke 21 dimana jaman makin maju,semua orang menggunakan teknologi digital kita sekarang hidup di jaman digital yaitu jaman dimana semua yang kita lakukan menggunakan bantuan teknologi,salah satu contohnya yaitu teknologi internet, teknologi ini berguna untuk memudahkan kita dalam sehari sehari hanya dalam satu ketukan kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan seperti ibarat dunia dalam genggaman.teknologi internet digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh atau bahasa jaman sekarang chattingan, menonton televisi,berselancar  untuk mencari sesuatu di internet (browsing), streaming video,dan sekarang yang lagi ngetrend yaitu belanja  dan ojek online.

Dari semua teknologi internet yang saat ini kita gunakan tidak lepas dari teknologi jaringan,kalau tidak ada jaringan kita tidak bisa menggunakan akses internet, jaringan sangat bermacam-macam yaitu jaringan kabel,jaringan wifi,dan jaringan seluler.jaringan seluer memiliki beberapa generasi yaitu jaringan 1G,2G,3G,4G dan teknologi yang terbaru yang sekarang sedang dikembangkan yaitu teknologi 5G.

Menurut Wikipedia 5G atau fifth Generation yaitu istilah yang digunakan untuk menamai generasi kelima jaringan seluler,jaringan 5G merupakan jaringan penerus dari jaringan 2G,3G,4G yang sangat umum kita gunakan.

Kecepatan jaringan 5G melebihi kecepatan jaringan 4G yaitu 10Gbps (10 Gigabyte per detik) meningkat hampir sepuluh kali lipat dari jaringan 4G, Kecepatan jaringan 4G 150 mbps (150 megabyte perdetik) . Teknologi 5G sekarang masih jarang karena biaya operasional dan paket data yang masih mahal,Negara yang sudah tersedia layanan 5G yaitu Amerika serikat,Korea selatan,dan sebagian negara uni eropa.

Dari beberapa aspek yang ditinjau dari teknologi 5G tentunya mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan

Kelebihannya yaitu:

*Kecepatan data yang lebih signifikan dari jaringan 4G

*Bisa terkoneksi langsung dengan beberapa perangkat seperti telepon rumah,konsol game,mobil dan perlatan rumah tangga yang bisa dikontrol dengan satu smartphone

*Bisa bermain game dengan ukuran besar tanpa harus mengunduhnya

*anti buffering saat streaming musik dan video

Tidak lepas dari kelebihan ada juga kekurangan teknologi jaringan 5G yaitu :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN