Mohon tunggu...
INS Saputra
INS Saputra Mohon Tunggu... Profesional IT, praktisi, pengamat.

Profesional IT, praktisi, pengamat.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Perancis, Juara EURO 2016 sebelum Bertanding

10 Juli 2016   13:46 Diperbarui: 11 Juli 2016   12:52 390 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perancis, Juara EURO 2016 sebelum Bertanding
Sumber gambar: uefa.com

Tim Ayam Jantan Perancis baru saja menyingkirkan tim Panzer Jerman di semi final Euro 2016 dengan dua gol tanpa balas. Di semi final lainnya Portugal menyingkirkan tim kuda hitam Wales dengan skor yang sama 2-0. Kurang dari 15 jam lagi laga final akan dihelat di Stade de France mempertemukan tuan rumah Perancis melawan tim kuat Portugal.

Sebagian pengamat memprediksikan tuan rumah Perancis akan menjuarai turnamen empat tahunan ini di kandangnya sendiri, sebagian lainnya menjagokan tim Portugal memenangi kejuaraan ini untuk pertama kalinya mengingat grafik permainan yang cenderung meningkat. Akankan CR7 (sebutan untuk Christian Ronaldo) mampu mengalahkan tim tuan rumah yang dimotori oleh pemain Atletico Madrid sekaligus top skor sementara 6 gol, Antoine Griezmann yang juga bernomor punggung 7?

Penulis akan menganalisis juara turnamen ini berdasarkan statistik histori sejak pertama kali turnamen ini diselenggarakan pada tahun 1960.

Seperti kita ketahui bahwa negara yang berhasil menjuarai turnamen piala Eropa akan mendapatkan trofi Henri Delaunay, nama sekjen pertama UEFA penggagas turnamen ini.

Setiap pemenang juara piala Eropa akan mendapatkan semacam “mahkota juara”. Setiap empat tahun “mahkota juara” ini akan dipertahankan atau diambil alih oleh negara lain untuk kemudian diambil alih lagi oleh negara lainnya. Artinya, negara mana pun yang bisa mengalahkan juara bertahan akan memegang “mahkota juara’ tsb. dan kemudian jika negara tersebut dikalahkan lagi oleh negara lainnya maka “mahkota juara” juga akan berpindah tangan ke negara yang mengalahkan tsb. Estafet pengambil alihan “mahkota juara” ini sejauh ini maksimum hanya 3 kali. Hanya tim Spanyol yang mampu mempertahankan mahkota juara pada tahun 2012 setelah meraihnya di tahun 2008.

Berikut data juara, juara bertahan dan negara yang mengalahkan juara bertahan beserta skornya :

1960 Juara Uni Soviet setelah mengalahkan Yugoslavia 2-1 (aet).

1964 Juara Spanyol, juara bertahan Uni Soviet. Uni Soviet kalah 1-2 dari Spanyol di Final.

1968 Juara Italia, juara bertahan Spanyol. Spanyol kalah dari Inggris di play off  ‘perempat final’ dengan aggregat 1-3, Inggris kalah 0-1 dari Yogoslavia di semi final, Yugoslavia kalah dari Italia 0-2 di Final (reply).

1972 Juara Jerman Barat, juara bertahan Italia. Italia kalah dari Belgia di play off   ‘perempat final’ dengan aggregat 1-2, Belgia kalah dari Jerman Barat 1-2 di semi final.

1976 Juara Cekoslowakia, juara bertahan Jerman Barat. Jerman Barat kalah dari Cekoslowakia 3-5 (2-2) lewat adu penalty di Final.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x