Mohon tunggu...
Abdullah Fatoni
Abdullah Fatoni Mohon Tunggu... Jomblo

Ingin bermanfaat untuk orang lain

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Kata "Anu" Kini Sudah Menjadi Kata Kontroversial di Kalangan Kaula Muda

9 Mei 2021   22:36 Diperbarui: 9 Mei 2021   22:38 100 3 0 Mohon Tunggu...

Bukan menjadi suatu hal yang aneh lagi ketika kita mendengar Kata 'anu' yang terucap dari mulut seseorang bahkan diri kita sendiri, karena kata itu sering kali kita dengar dalam percakapan sehari-hari. Apalagi yang sering mengucapkan adalah para kaula muda. Biasanya kata tersebut sering terucap ketika dalam keadaan atau kondisi tertentu. Kata 'anu' sering kali terucap, karena sangat ringan untuk diucapkan namun juga sangat sulit dalam memaknai kata tersebut meskipun didalam KBBI sudah menyediakan deskripsi mengenai kata itu. banyak orang yang menjuluki kata tersebut dengan julukan "satu kata seribu makna". Bagaimana tidak, dalam keadaan apapun di setiap orang yang mengucapkannya pasti akan mengubah pemaknaan sesuai kondisi yang ada.

Kata 'anu' merupakan kata benda (nomina) yang mempunyai dua arti. Arti pertama, bisa merujuk kepada sesuatu yang tidak disebutkan namanya, seperti nama orang, benda, dsb. Contoh kalimatnya, "si 'anu' bukannya beli 'anu' an, ya??". Arti kedua, menyebutkan sesuatu yang belum diketahui. Namun, kata 'anu' juga tidak sebatas sebagai kata benda, kata ini bisa pula menjadi kata adjektiva. Sebagai contoh, seorang karyawan ditugasi atasannya untuk mengatasi sampah yang menyumbat air sungai. Seorang karyawan berkata "pokonya, besok 'anu' itu, pak". Bagaimana kita menjelaskan situasi tersebut? Banyak interpretasi untuk memaknai kata anu dalam kalimat itu dan kemungkinan hanya kedua pihak saja yang mengetahui makna percakapan mereka atau hanya orang yang berkata 'anu' yang bisa memaknainya sendiri. Karena umumnya orang juga tidak banyak yang tahu tentang maksud kata 'anu' ketika seseorang spontan mengatakan kata itu didalam kalimatnya.

Banyak hal yang membuat orang kebanyakan mengucapkan kata tersebut, biasanya hal ini terjadi oleh berbagai sebab diantaranya :

1.Lupa menyebutkan nama seseorang, benda, atau tempat.

Penyebab ini yang biasanya sering sekali terjadi pada kita, ketika lupa menyebutkan nama seseorang, benda, atau tempat tertentu maka yang keluar dari mulut tidak ada kata lain selain kata anu.

Contoh : 

1."Kemarin malam si 'anu' main ke rumah aku looh! ihh ya ampun, siapa sih itu namanya??"

2."itu aku menaru pensil di 'anu', ihh apa sih itu nama tempatnya?"

3."ilham, itu punya aku 'anu' nya mana? Ihh apa sihh itu? Emm, tutup pulpen !"

2.Gugup dalam situasi tertentu

Gugup juga merupakan salah satu pemicu utama terlontarnya kata 'anu'. Biasanya terjadi ketika seseorang sedang melakukan kesalahan dan dipaksa untuk mengakuinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x