Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Lainnya - Membaca dunia dan berbagi

Mempelajari ilmu Filsafat dan Teologi, Politik, Pendidikan dan Dialog Budaya-Antaragama di Jerman, Founder of Suara Keheningan.org, Seelsorge und Sterbebegleitung dan Mitglied des Karmeliterordens der Provinz Indonesien

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Evaluasi Soal Pilihan Ganda dan Alternatif Model Ujian

22 September 2023   05:40 Diperbarui: 22 September 2023   20:35 904
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pentingnya pertimbangan dan analisis dalam pendidikan: Evaluasi soal pilihan ganda dan alternatif model ujian| KOMPAS.com.

Bangsa ini membutuhkan generasi muda yang cerdas dan teliti dalam mempertimbangkan perbedaan dan kesamaan yang ada. Tidak hanya itu, bangsa kita juga memerlukan kemampuan literasi dan narasi kehidupan yang bermakna, menginspirasi, dan memotivasi. Tentu saja, akan menjadi jauh lebih menarik jika generasi muda kita memiliki kemampuan untuk menyajikan gagasan-gagasan baru yang bisa memengaruhi dunia | Ino Sigaze.

Sorotan topik pilihan Kompasiana kali ini memang patut diapresiasi oleh masyarakat Indonesia, dan para penulis diminta untuk mengevaluasi kembali cara dan metode ujian yang telah berlaku selama puluhan tahun di Indonesia.

Ajakan dari Maudy Ayunda tentu saja patut diapresiasi, bukan hanya karena gagasannya yang mengagetkan banyak orang, tetapi juga karena Maudy bersikap kritis dalam mempertanyakan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah dipertanyakan.

Tulisan ini lebih difokuskan pada analisis pandangan Maudy Ayunda yang mengusulkan agar model soal pilihan ganda digantikan dengan model soal uraian dan model lainnya.

Berikut ini kita akan melihat beberapa plus-minus dari soal pilihan ganda. Saya tidak dapat mengatakan bahwa gagasan Maundy itu mutlak benar, tetapi perlu diperhatikan bahwa ada sisi lain yang sudah tertanam di negeri ini.

Ada beberapa sisi positif dari soal pilihan ganda:

1. Peserta diharuskan untuk mencari dan memilih jawaban yang benar

Pengalaman pribadi saya sebagai seorang siswa yang pernah menghadapi soal pilihan ganda di tingkat sekolah dasar, menengah bawah, dan menengah atas memang terasa mudah karena jawaban tampaknya sudah ada. 

Namun, kenyataannya tidak begitu mudah karena yang saya cari adalah jawaban yang benar.

Mencari jawaban yang benar dari banyak pilihan tersebut tentu saja memerlukan proses berpikir, yakni berpikir kritis. 

Saya teringat akan kata-kata Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma, "Hendaklah kamu menjadi berubah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat menguji dan memahami apa yang baik dan berkenan kepada Allah, apa yang sempurna." (Roma 12:1-2).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun