Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Lainnya - Membaca dunia dan berbagi

www.suarakeheningan.org

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

4 Faktor Penentu Mentalitas Frugal Living di Jerman

10 Juli 2022   04:02 Diperbarui: 10 Juli 2022   11:49 427 68 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi decluttering atau menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan sebagai bagian dari gaya hidup minimalis. Sumber: Shutterstock/Andrey_Popov via Kompas.com

Frugal living tidak bisa datang otomatis, tetapi selalu datang dari kesadaran dan pilihan bebas yang bisa dipertanggungjawabkan oleh karena latar belakang sejarah dan pikiran tertentu yang masuk akal.

Tema sorotan Kompasiana kali ini sungguh tidak terduga dan sangat menarik. Hal ini karena Kompasiana menyoroti tema tentang hidup minimalis.

Di tengah kemajuan dan perkembangan zaman ini, tema hidup minimalis rupanya menjadi suatu tantangan yang tidak mudah lagi. Saya menyadari betapa besarnya ruang tantangan hidup minimalis di Jerman.

Meskipun demikian, akhirnya saya menyadari bahwa frugal living sudah menjadi bagian dari hidup saya di Jerman. Ada 4 faktor yang menentukan frugal living di Jerman:

1. Belajar dari kebiasaan hidup orang lain

Frugal living bagi saya sebelum berangkat ke Jerman adalah tema yang sangat menarik, tetapi juga bisa saja menjadi terlupakan. Saya membayangkan penampilan dan cara berpakaian orang Jerman yang bagus dan bersih itu sudah pasti jauh dari frugal living.

Pada kenyataanya, sungguh lain dari apa yang saya pikirkan sebelumnya. Frugal living di Jerman sebenarnya lebih mudah karena lingkungan dan kebudayaan mereka sudah sangat kuat mempengaruhi orang untuk frugal living.

Bagaimana caranya untuk tahu bahwa orang Jerman punya gaya hidup hemat, frugal living. Orang tahu frugal living itu dari cara berpikir mereka.

Menurut saya, frugal living itu mesti mulai dari cara pikir. Cara pikir yang sangat kuat dan menonjol bagi sebagian besar orang Jerman adalah  menjaga kebersihan.

Saya belajar dari teman-teman saya yang serumah. Mereka tidak selalu punya pakaian baru, tetapi mereka selalu menjaga kebersihan. Kebersihan merupakan prinsip yang sangat menunjang frugal living.

2. Konsep orang Jerman tentang uang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan