Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Lainnya - Membaca dunia dan berbagi

www.suarakeheningan.org

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Artikel Utama

Ada 3 Efek Kunjungan dan Misi Perdamaian Jokowi yang Menggetarkan Dunia

1 Juli 2022   00:08 Diperbarui: 2 Juli 2022   13:23 1806 56 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ada 3 efek kunjungan dan misi perdamaian Jokowi yang menggetarkan dunia | Dokumen diambil dari Forum Kom. NKRI di Frankfurt.

Tidak ada pemimpin dunia yang punya langkah konkret untuk misi perdamaian seperti Jokowi. Bukan popularitas, tetapi perdamaian; bukan politik, tetapi kemanusiaan.

Sejak seminggu ini hampir setiap hari saya mendengar nama Jokowi. Nama Jokowi tidak terpisahkan dari nama Indonesia. Kehadiran Jokowi dalam forum G7 di München sudah menjadi topik bahasan masyarakat Eropa tentunya.

Apalagi ketika desas-desus menjadi kenyataan lawatan Presiden Indonesia itu ke Ukraina dan Rusia. Memang tidak banyak media Eropa memberitakan itu, karena tentu saja berkaitan dengan kepentingan politik masing-masing negara.

Meskipun demikian, pada tingkat bawah terasa sekali kunjungan Jokowi punya efek yang sangat penting. Ada 3 efek yang bisa saya bahas dalam tulisan ini:

1. Efek bangkitnya Indonesia di mata dunia

Kehadiran Jokowi di G7 di Jerman tahun ini merupakan momen bersejarah. Eropa memang tengah berhadapan dengan situasi tekanan krisis ekonomi yang ditandai dengan meningkatnya angka inflasi dari 4,5 % ke 7,9 %. Belum lagi kita tahu negara-negara lainnya yang jelas-jelas jatuh krisis ekonomi saat ini dengan inflasi lebih dari 70%.

Indonesia hadir di tengah negara-negara yang sedang berteriak perih karena tekanan inflasi itu dengan angka inflasi yang ramah 3, 7 %. Tidak heran rasa percaya diri Jokowi di mata pemimpin-pemimpin dunia bisa dimengerti.

Jokowi dirangkul oleh beberapa pemimpin dunia lain yang ternama dan punya power super terkenal. Nah, dari sisi itu efek kehadiran Jokowi sebenarnya momen kehadiran di G7 itu sendiri dan tentunya di Ukraina dan Rusia mau mengatakan kepada Eropa dan dunia bahwa Indonesia bangkit sebagai negara Non-Blok dengan misi perdamaian.

Membawa misi perdamaian melalui pesan kehadirannya di negara yang sedang berkonflik merupakan pesan istimewa yang tidak pernah bisa dilakukan oleh pemimpin dunia lainnya, selain Jokowi.

2. Efek kepentingan damai sebagai yang lebih penting daripada politik dan ekonomi

Gema dari kunjungan Jokowi di Ukraina mulai diperbincangkan di Jerman, sekurang-kurangnya saya merasakan hawanya di meja makan kami. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan