Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Lainnya - Membaca dunia dan berbagi

www.suarakeheningan.org

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Minyak Goreng Kelapa dan Potensi Peningkatan UMKM Masyarakat Flores

24 Februari 2022   13:16 Diperbarui: 22 Maret 2022   03:14 1334 41 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Buah kelapa yang sedang dijemur dalam proses menjadi kopra | Dokumen pribadi oleh Nasa

Berita tentang negeri ini kekurangan minyak goreng semakin marak. Sementara itu dapur rakyat Indonesia umumnya tidak bisa menjadi dapur ekonomi sejahtera tanpa kehadiran minyak goreng.

Bagaimana kita bisa bicara tentang ikan goreng, tempe goreng, tahu goreng dan lain sebagainya yang bersifat gorengan kalau tanpa ada pasokan minyak goreng. Bukan cuma itu umumnya di pasar tradisional masyarakat Indonesia menghidangkan suatu sajian yang sangat penting tentang peran minyak goreng.

Saya masih ingat sekali di tahun 1992 ketika gempa melanda Flores, Indonesia, pada saat itu, keadaan ekonomi Flores terganggu atau berjalan pincang. Sebagai anak Sekolah Menengah Pertama (SMP), dari latar belakang orang tua petani, saya selalu dimotivasi oleh kakak sepupu yang adalah seorang guru; sebuah motivasi tentang hidup secara hemat dan kreatif.

Kreativitas apa yang pernah saya lakukan pada saat itu? Ada satu kegiatan yang pernah saya lakukan setelah jam sekolah:

Pengalaman pribadi mengolah kelapa menjadi minyak kelapa

Kelapa di wilayah kecamatan Nangapanda, Ende-Flores memiliki buah yang cukup besar. Pada masa itu umumnya 4 buah kelapa sudah bisa menghasilkan 1 liter minyak kelapa. 

Cara mengolah kelapa menjadi minyak ini merupakan pilihan yang tepat oleh karena beberapa keuntungannya antara lain, harga menjadi lebih mahal ketimbang kalau dijual per buah. 

Pada masa itu 4 buah kelapa sama dengan 400 rupiah. Kalau sudah diubah menjadi minyak goreng, maka harganya menjadi 2000 rupiah per liter. Harga itu di tahun 1992--1993.

Belum lagi ada keuntungan lainnya seperti ampas kelapa bisa dijadikan makanan ternak, tempurung kelapa bisa untuk arang setrika dan juga sebagai bahan bakar menggantikan minyak tanah.

Tentu ada hak unik lainnya yang bisa diperoleh ketika orang menggunakan cara tradisional memasak minyak kelapa, yakni bahwa orang akan memperoleh sisa ampas minyak yang sudah diperas menjadi minyak. Sisa perasan itu sangat enak dimakan dengan nasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan