Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Lainnya - Membaca dunia dan berbagi

www.suarakeheningan.org

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Daun Sirih dan Peluang Membudidayakannya bagi Petani Milenial

11 November 2021   15:49 Diperbarui: 11 November 2021   15:51 294 30 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Daun Sirih | Dokumen pribadi oleh Ino

Dari tumbuhan menjalar Sirih, orang belajar hidup sehat tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Daun sirih rupanya masih menyimpan misteri yang tidak banyak diketahui orang meski di banyak daerah menjadi bahan yang dipakai dalam forum-forum adat. Daun Sirih atau dalam bahasa adat Ende "wunu mengi" sebetulnya sejenis tumbuhan menjalar yang hidup di daerah tropis.

Daun sirih pada kenyataannya merupakan jenis tumbuhan yang paling mudah untuk ditanam. Orang hanya membutuhkan setelnya saja. Dari buku-buku pada setiap ruang batangnya akan tumbuh akar yang bisa menjadi besar secara terpisah tanpa ada hubungan dengan batang induknya.

Iklim tumbuh tanaman Sirih

Tanaman ini ditemukan dengan sangat mudah di NTT. Bahkan orang bisa saja sederhana mengatakannya di mana penduduk asli makan sirih pinang, maka sudah pasti di sana ada sirih dan pinang. Sirih bisa tumbuh di daerah yang memang sedikit punya tingkat kelembaban tinggi, ya kira-kira tumbuh subur pada suhu 15-20 derajat celsius.

Sirih hidup pada umumnya bergantung pada pohon-pohon lainnya yang tergolong kulitnya bisa menyimpan air. Ya, pohon seperti dadar, waru adalah yang paling sering menjadi tempat sandaran dan tumbuhnya sirih.

Tapi tetap saja, sirih bisa tumbuh di mana saja, pada rumah-rumah yang tidak punya halaman yang luas, sirih bisa saja ditanam di belakang rumah di samping pagar tembok pun bisa hidup. Bahkan sirih bisa tumbuh merambat pada dinding hingga terlihat sebagai hiasan pada dinding tembok pagar.

Tanaman sirih sejak dulu kala tidak pernah mengenal istilah punah. Sirih hidup dan bertahan lama bahkan tetap saja terlihat rimbun meski pada musim panas panjang. 

Kemudahan dan hal-hal praktis dari sirih ternyata belum maksimal dimanfaat oleh oleh orang di desa-desa atau di NTT. Mengapa demikian?

Rupanya karena pengetahuan tentang manfaat sirih yang masih terbatas atau karena orang belum begitu mengetahuinya, maka tanaman sirih hanya merupakan tanaman pilihan bagi yang suka makan sirih pinang saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan