Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Lainnya - Membaca dunia dan berbagi

Mempelajari ilmu Filsafat dan Teologi, Politik, Pendidikan dan Dialog Budaya-Antaragama di Jerman, Founder of Suara Keheningan.org, Seelsorge und Sterbebegleitung dan Mitglied des Karmeliterordens der Provinz Indonesien

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Pohon Kenari, Pohon Multifungsi dari Flores

12 April 2021   18:15 Diperbarui: 14 April 2021   10:48 2795
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Akar pohon Kenari| Dokumentasi pribadi oleh Ino

Pohon kenari: Kayu unik yang akrab menjaga kehidupan agar tetap menjadi wangian yang menyejukkan sesama.

Pohon kenari adalah jenis pohon unik dengan ciri khas dan kegunaan yang multifungsi. Pohon kenari bisa ditemukan di Flores, khususnya di wilayah desa Kerirea, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, Flores, NTT

Nah, apa saja keunikan pohon kenari yang multifungsi itu. Ada 5 keunikan dan fungsi yang bisa dijelaskan dari pengalaman dan kenyataan tentang pohon kenari itu sendiri:

1. Rumbai akar kenari dan fungsi pelindung satwa sejenis Komodo

Lihat saja pada gambar itu, akarnya saja sudah menyerupai rumbai ekor jenis satwa purba Komodo. Saya kira tidak ada yang tahu dan bisa menjelaskan mengapa akar kenari seperti itu. Meskipun demikian, pengalaman tertentu barangkali bisa menjadi alasan sekalipun tanpa bukti gambar dan video. 

Selain Komodo, di Flores hidup pula sejenis biawak yang lebih kecil dengan warna kekuning-kuningan pada bagian perutnya. Biawak ini bisa berenang dan menyelam, bisa memanjat pohon. 

Dan umumnya kalau dikejar anjing pemburu, biawak itu berlari dan bersembunyi selain di dalam air, pada lubang dalam tanah, bahkan bersembunyi di antara celah-celah akar pohon kenari. Dan biasanya anjing pemburu tidak bisa berkutik lagi, selain menyerah kalah.

Kemiripan akar kenari dengan ekor Komodo, barangkali bisa dihubungkan dengan fungsi untuk melindungi satwa sejenis Komodo. Memang tidak ada mitosnya, namun pernah ada kejadian seperti itu, seekor biawak selamat gara-gara menyelinap di antara akar-akar kenari saat diburu anjing. 

Nah, saya bisa mengatakan bahwa keunikan pertama dari akar kenari adalah terletak pada fungsi kerangka akar kenari yang bisa melindungi satwa liar di hutan. 

2. Akar kenari yang masih muda adalah pembersih dan pengawet gigi

Saya masih ingat sekali pengalaman masa kecil. Ibu saya pernah menyuruh saya mengunyah akar kenari. Katanya, "akar kenari itu bisa untuk membersihkan dan mengawetkan gigi." Usia ibuku sudah mencapai 84 tahun, tetapi saya tidak pernah mendengar cerita ibu pernah sakit gigi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun