Mohon tunggu...
Innovesia
Innovesia Mohon Tunggu... Consulting Agency

An innovation-investment partner for people who are passionately investing in innovation

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Tips Merencanakan Negosiasi Secara Virtual

16 Juni 2020   12:01 Diperbarui: 16 Juni 2020   11:51 181 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Merencanakan Negosiasi Secara Virtual
Sumber: Innovesia

Selama beberapa bulan terakhir, hampir semua negosiasi telah terjadi secara virtual. Bahkan sebelum Covid-19,  jumlah pembuat kesepakatan atau keputusan melalui media digital telah terjadi peningkatan. 

Teknologi video, telekonferensi berbiaya rendah, dan email semuanya telah menjadi cara yang efisien bagi tim untuk bersiap bersama dan bernegosiasi dengan mitra. Untuk memaksimalkannya, berikut adalah tips merencanakan / memimpin negosiasi secara virtual: 

Tetapkan peran yang jelas kepada tim Anda. Sepeti siapa yang akan membuka rapat, menjelaskan proposal, menjawab pertanyaan, mencatat ringkasan, dan perlu diketahui bagaimana caranya untuk tetap dapat berkomunikasi satu sama lain saat bernegosiasi secara virtual. 

Buat spesifik, berlatih dengan metode offline untuk berkomunikasi.  Anda dapat menggunakan alat komunikasi atau program yang berbeda untuk berkomunikasi dengan tim Anda. Jika Anda menggunakan komputer untuk Zoom, gunakan ponsel Anda dan aplikasi terpisah untuk berkomunikasi atau mengirim pesan teks dengan rekan satu tim.

Berkomunikasilah secara singkat. Ketika berkomunikasi dengan rekan tim selama negosiasi, buat secara singkat agar dapat mempertahankan kualitas negosiasi yang baik dan maksimal. 

Nyalakan video Anda, layar yang semakin besar akan lebih mendukung negosiasi Anda. Charles Naquin dan koleganya menemukan bahwa negosiator yang berkomunikasi melalui video berkinerja lebih baik daripada negosiator yang menggunakan email atau SMS. 

Dan mereka yang menggunakan layar komputer besar berperforma lebih baik daripada mereka yang menggunakan layar komputer kecil. Semakin mudah melihat rekan-rekan Anda, semakin sedikit usaha otak Anda akan sia-sia. Video dan telekonferensi yang singkat dan terstruktur dapat membantu kedua belah pihak tetap terlibat secara maksimal. 

Walaupun tidak dapat menggantikan peran negosiasi secara tatap muka. Tetapi dengan keadaan yang penuh tekanan untuk menerapkan social distancing, tentu alat komunikasi digital berguna untuk membuat negosiasi lebih efisien.

VIDEO PILIHAN