Mohon tunggu...
Gamal Albinsaid
Gamal Albinsaid Mohon Tunggu... Wirausaha Sosial dan Inovator Kesehatan

Wirausaha Sosial dan Inovator Kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Definisikan Strategi Bisnis Anda Selama Pandemi COVID-19

20 Juni 2020   21:06 Diperbarui: 20 Juni 2020   21:12 47 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Definisikan Strategi Bisnis Anda Selama Pandemi COVID-19
Sumber: Mey, Nick De, Ridder, Philippe De. 2020. Shifts in The Low Touch Economy. Board of Innovation

Dalam menghadapi krisis akibat COVID-19 ini, seorang pemimpin harus memikirkan dan menganalisis 3 hal yang fundamental, yaitu seberapa dalam dampaknya? Seberapa panjang dampaknya? Bagaimana bentuk pemilihannya?

Secara garis besar, keparahan dan durasi dari dampak ekonomi bisa bervariasi antara selama setengah tahun, selama 1,5 tahun, dan selama 3 tahun. Hal itu tergantung pada efektivitas kontrol pandemi dan stimulus ekonomi. Jika kontrol pandemi dan stimulus ekonomi efektif, maka dampaknya hanya setengah tahun dengan kurva V melambung.

Namun, jika terjadi perpanjangan jaga jarak sosial dan stimulus ekonomi hanya meringankan saja, maka dampaknya 1,5 tahun. Sedangkan, jika kontrol pandemi gagal, terjadi kebangkrutan dimana - mana, dan banyaknya kegagalan kredit, maka dampaknya bisa 3 tahun.

Secara garis besar jika dampak positif, dimana terjadi pertumbuhan pemasukan melalui lonjakan permintaan, anda harus naik gelombang, ikuti lonjakan permintaan, amankan pasokan, dan dorong pertumbuhan secara agresif. Hal ini perlu dilakukan pada sektor yang tumbuh saat pandemi, seperti layanan dan perlengkapan kesehatan, retail dan pengolahan makanan, perawatan diri dan kesehatan, teknologi informasi dan komunikasi, dan e-commerce.

Jika dampak agak negatif, dimana terjadi kerugian pendapatan berkelanjutan 0-15% pada kuartal 2 sampai 4 tahun 2020.

Misalnya barang konsumsi. Hal yang harus Anda lakukan jika dampak hanya setengah tahun adalah dorong terus dan bersiap untuk naik kembali ke situasi normal dengan cepat. Namun jika dampak 1,5 tahun sampai 3 tahun, Anda harus bertahan, perbaiki posisi kompetitif, dan temukan cara pertumbuhan baru.

Jika dampak berat, di mana terjadi kerugian pendapatan berkelanjutan 15-50% pada kuartal 2 sampai 4 tahun 2020. Misalnya minyak dan gas.

Respons yang harus Anda lakukan jika dampaknya setengah tahun adalah bertahan dan persiapkan untuk pemulihan kembali ke normal secara perlahan. Jika dampak 1,5 tahun Anda harus pivot melalui inovasi atau memilih melepaskan bisnis. Namun, jika dampak 3 tahun, bersiaplah untuk pendatang baru yang agresif, membuat dan menemukan kembali posisi baru secara total, atau meninggalkan pasar.

Jika dampak katastropik, seperti pada pariwisata dan rekreasi. Jika krisis berlangsung setengah tahun, Anda bisa melakukan Mothball.

Mothball berarti suatu praktik di mana perusahaan menyimpan peralatan di pabrik atau fasilitas produksi lainnya agar berfungsi, tetapi tidak menggunakannya secara konstan.

Mothball memungkinkan perusahaan untuk menghemat biaya dan tetap menggunakan fasilitas itu saat dibutuhkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN