Mohon tunggu...
InkaSilviaMasruroh
InkaSilviaMasruroh Mohon Tunggu... Penulis - Pelajar

"Do Your Best for Every Chance that You Have"

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Apa Saja Sih Keterampilan Berbahasa Arab?

13 September 2019   10:08 Diperbarui: 28 Juni 2021   19:35 1053 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengetahui Tentang Keterampilan Berbahasa Arab (unsplash/freestocks)

Dalam mempelajari suatu ilmu baru, kita akan mengenal beberapa keterampilan yang ada pada satu bidang ilmu itu. Salah satunya adalah mempelajari ilmu bahasa. Dalam keterampilan berbahasa,  ada dua unsur yang digunakan yaitu logika dan linguistik

Unsur logika biasanya terdiri dari isi, bahan, materi dan pengorganisasiannya. Sedangkan linguistik meliputi diksi, pembentukan kata dan kalimat,  fonologi dan lainnya.

Keterampilan berbahasa bisa kita artikan sebagai kemampuan dan kecekatan kita dalam menggunakan bahasa. Arti kata terampil dan cekatan sendiri adalah kepandaian seseorang melakukan sesuatu dengan cepat dan benar. Seseorang yang melakukan sesuatu dengan cepat dan hasilnya salah maka tidak bisa dikatakan terampil. 

Begitu juga dengan seseorang yang melakukan sesuatu dengan benar tetapi lambat dalam penyelesaiannya, maka juga tidak bisa disebut sebagai orang yang terampil (Soemarjadi, 1991:2).

Baca juga : Menumbuhkan Semangat Belajar bahasa Arab dengan Penerapan Metode Bernyanyi

Dalam tuturan bahasa arab, keterampilan berbahasa disebut dengan Al-Maharat Al- Lughowiyah. Maharat yang berarti keterampilan dan Lughowiyah berarti bahasa. Ada empat keterampilan yang dipelajari dalam bahasa arab:

1. Maharah Istima' (Keterampilan Mendengar)
Maharah ini adalah keterampilan dasar yang harus didapat pertama kali oleh seorang pembelajar bahasa. Karena mendengar adalah sarana pertama yang digunakan manusia untuk berhubungan dengan sesamanya. 

Seperti seorang anak kecil, sarana pertama kali yang mereka gunakan untuk bisa menirukan bahasa ibu mereka adalah dengan media mendengar. Entah mendengar dari percakapan orang tua, saudara ataupun lingkungan sekitar. 

Dari keterampilan mendengar, seseorang akan mengenal kosa kata -- kosa kata baru yang belum mereka ketahui. Mencerna bentuk-bentuk tarkib dalam percakapan bahasa arab dan memahami perubahan-perubahan kata yang disebabkan oleh bedanya latar waktu yang digunakan

Baca juga : Bahasa Arab Memiliki Pesonanya Sendiri

2. Maharah Kalam (Keterampilan Berbicara)
Setelah cakap dalam keterampilan mendengar, biasanya seorang pembelajar bahasa akan memulai kalam (berbicara). Dengan kosa kata yang sudah mereka dapatkan, mereka akan mengembangkan dalam bentuk kalimat dan akhirnya menjadi satu ungkapan yang utuh yang dapat memahamkan lawan bicaranya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan